Indonesia Takluk dari Thailand 0-4 di Final Piala AFF 2020 Leg 1

Image title
29 Desember 2021, 21:50
Piala AFF, final Piala AFF 2020, Piala AFF 2020, indonesia vs thailand
ANTARA FOTO/Flona Hakim
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kedua kanan) menghalau bola dari pesepak bola Timnas Thailand Tristan Do (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12).

Indonesia butuh keajaiban untuk menjuarai Piala AFF 2020 setelah di leg pertama takluk dengan skor telak 0-4 dari Thailand di National Stadium, Singapura. Dengan kekalahan ini, Indonesia setidaknya harus menang 5-0 di leg 2 yang akan dimainkan pada Sabtu (1/1) jika ingin mengangkat Piala AFF.

Dua gol Thailand disumbang oleh kapten sekaligus gelandang serang Chanathip Songkrasin, sedangkan dua gol Thailand lainnya ditembus melalui aksi Supachok Sarachat dan Bordin Phala.

Bertanding dengan memakai seragam kebanggaan merah putih, Tim Garuda sudah tertinggal di menit-menit awal pertandingan. Gol pertama secara ciamik dicetak Chanathip Songkrasin pada menit ke-2. Indonesia pun berada dalam tekanan Thailand nyaris sepanjang laga pertama.

Tim Negeri Gajah ini tak menurunkan intensitasnya pada babak pertama meski telah meraih satu gol, membuat bek-bek Indonesia berjibaku di wilayahnya. Asnawi Mangkualam sempat melakukan penyelamatan tepat di garis gawang pada menit ke-14 dari tendangan Bordin Phala. 

Bek Indonesia Alfeandra Dewangga sempat mendapatkan peluang bersih pada menit ke-41. Namun, meski berada tanpa pengawalan di depan gawang Thailand, bola sepakan Alfeandra melambung.

Serangan terus digulirkan Thailand sehingga beberapa kali mengancam gawang Indonesia. Tendangan melengkung Bordin Phala nyaris memperlebar kedudukan Thailand tetapi peluang emas itu berhasil dihalau Nadeo Argawinata. Aksi heroik ini membuat skor 0-1 bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda.

Meski demikian, Thailand menghajar Indonesia habis-habisan pada babak kedua. Tujuh menit babak kedua dimulai, Thailand menggandakan kedudukan berkat gol kedua Chanathip Songkrasin yang memanfaatkan assist Supachok Sarachart.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong, yang usai jeda memasukkan Elkan Baggott dan Evan Dimas, meminta nama baru lain yaitu Egy Maulana untuk merumput menggantikan Ricky Kambuaya demi menambah daya gedor.

Keunggulan "Gajah Perang" semakin melebar pada menit ke-83 setelah Bordin Phala membuat gol keempat timnya begitu menerima assist Worachit Kanitsribumphen. Tak ada gol lain tercipta setelahnya. Skor 4-0 untuk kemenangan Thailand bertahan sampai pertandingan tuntas.

Indonesia melaju ke Final AFF setelah di semi final mengalahkan Singapura dengan skor aggregate 5-3. Sejak AFF digelar pada tahun tahun 1996, Indonesia telah melangkah ke final sebanyak enam kali yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016, dan 2021.

Namun, Indonesia selalu gagal menjadi juara di ajang dua tahunan tersebut. Selama lima kali mentas di final sebelum tahun ini, Indonesia bertemu dengan Thailand sebanyak tiga kali dan semuanya berakhir dengan kekalahan.

Pada tahun 2000, Indonesia kalah 4-1 sementara pada tahun 2002 kalah lewat adu penakti 4-2. Pada final berikutnya yakni di tahun 2016, Indonesia takluk secara aggregat 3-2 .

Berikut susunan pemain kedua tim dalam pertandingan hari ini:

Indonesia: Nadeo Argawinata-pg, Moh. Edo Febriansyah (46', Evan Dimas), Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Fachruddin Aryanto (46', Elkan Bagott), Asnawi Mangkualam Bahar (kapten), Rachmat Irianto (46', Kadek Agung), Ricky Kambuaya (63', Egy Maulana), Witan Sulaeman, Irfan Jaya (73', Ramai Rumakiek), Dedik Setiawan.

Thailand: Siwarak Tedsungnoen-pg (73', Kawin Thamsatchanan), Yusef Dolah (39', Pokklaw Anan), Philip Roler, Tristan Do, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun, Bordin Phala, Phitiwat Sookjitthammakul, Supachok Sarachat, Chanathip Songkrasin (kapten, 75', Worachit Kanitsribumphen), Teerasil Dangda.

Reporter: Maesaroh, Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait