Kasus Varian Omicron di Indonesia Naik Dua Kali Lipat Jadi 136 Orang

Agustiyanti
1 Januari 2022, 16:14
omicron, varian omicron, delta, varian delta
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Pemerintah melaporkan pasien baru corona bertambah 180 pada Jumat (31/12), turun dari 189 pada Kamis (30/12).

Kasus varian Omicron di Indonesia bertambah 68 orang hingga Jumat (31/12) menjadi total kini terdapat sebanyak 136 kasus. Seluruh tambahan kasus varian asal Afrika Selatan ini dibawa oleh para pelaku perjalanan luar negeri dari sejumlah negara. 

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, 11 dari 68 kasus baru ini merupakan warga negara Indonesia. “Semua kasus ini merupakan pelaku perjalanan luar negeri dengan asal kedatangan paling banyak dari Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat,” ujar Siti Nadia di Jakarta, Sabtu (1/1), seperti dikutip dari Antara. 

Siti Nadia menjelaskan, sebanyak 29 orang tidak memiliki gejala, 29 orang memiliki gejala ringan, satu orang dengan gejala sedang, dan sembilan orang lainnya tanpa keterangan. 

Ia menjelaskan, WHO telah memprediksi peningkatan kasus Omicron akan lebih cepat dibandingkan Delta. “Akan tetapi diiringi dengan tingkat penggunaan tempat tidur rumah sakit maupun ICU yang lebih rendah dibandingkan Delta,” ujarnya. 

Nadia menjelaskan, varian Omicron memiliki tingkat penularan yang sangat tinggi tetapi dengan risiko sakit berat yang lebih rendah. Meski demikian, ia mengingatkan masyarakat harus waspada karena situasi dapat berubah dengan cepat. 

Nadia pun mengimbau masyarakat untuk menahan diri tidak berpergian ke negara-negara dengan transmisi penularan Omicron yang sangat tinggi. 

“Jangan egois, harus bisa menahan diri untuk tidak berpergian dulu ke negara dengan transmisi Covid-19 sangat tinggi, seperti Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, dan Amerika Serikat,” kata Siti Nadia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...