Pemberangkatan Umrah Dibuka Kembali Mulai Besok, Simak Aturannya

Cahya Puteri Abdi Rabbi
7 Januari 2022, 13:35
umrah, umrah dibuka, kemenag, penyelenggaraan ibadah umrah
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Ilustrasi. Keberangkatan dipiroritaskan bagi penyelenggara yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Kementerian Agama akan kembali membuka penyelenggaraan ibadah umrah mulai besok (8/1). Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menekankan, penyelenggaraan umrah tersebut harus mematuhi protokol kesehatan demi memberikan perlindungan kepada jemaah selama masa pandemi ini.

Hilman menyebut, Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang akan memberangkatkan jemaah umrah juga wajib melaporkan keberangkatan melalui Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu. Umrah dan Haji khusus (Siskopatuh). 

"Penyelenggaraan umrah dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan secara ketat, baik di tanah air maupun di Arab Saudi dengan mengedepankan perlindungan dan keselamatan jamaah,” kata Hilman dalam siaran pers, Kamis (6/1).

Ia menjelaskan, keberangkatan dipiroritaskan bagi PPIU yang menggunakan penerbangan langsung (direct flight) melalui Bandara Soekarno-Hatta. Adapun kepulangan jemaah umrah harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

Menurut dia, keberangkatan empat penerbangan awal mengacu pada Kebijakan Umrah Satu Pintu (one gate policy). Ssrama haji Jakarta menjadi lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU.

Sementara itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Kab/Kota wajib melakukan pengawasan keberangkatan jamaah umrah di wilayah kerjanya. Ia menyebut, pihaknya telah bersurat kepada PPIU dan Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia terkait dengan ketentuan penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi ini.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...