Kasus Covid-19 di Australia Tembus 1 Juta, Naik Dua Kali dalam Sepekan

Agustiyanti
10 Januari 2022, 07:16
kasus covid-19, australia, lonjakan kasus, varian omicron
ANTARA FOTO/REUTERS/Loren Elliott/HP/djo
Ilustrasi. Angka vaksinasi penduduk di atas 16 tahun di Australia yang telah mencapai 92%.

Australia mencatatkan jumlah kasus Covid-19 melampaui 1 juta pada Senin (10/1). Lebih dari setengahnya tercatat dalam seminggu terakhir, ketika varian Omicron melanda sebagian besar negara meningkatkan jumlah rawat inap dan membebani rantai pasokan.

Setelah berhasil menahan beban kasus virusnya melalui penguncian agresif dan kontrol perbatasan yang ketat di awal pandemi, Australia sekarang menderita rekor infeksi ketika negara itu mulai belajar hidup dengan virus setelah vaksinasi yang lebih tinggi.

Aturan ketat perbatasan Australia kembali menjadi fokus setelah pihak berwenang membatalkan visa petenis kondang asal Siberia Novak Djokovic. 

Juara Australia Terbuka sembilan kali ini ditolak masuk Australia pada pekan lalu setelah sebelumnya sempat menyatakan telah mendapatkan pengecualian medis dari vaksinasi virus korona untuk bisa bertanding di piala Australia Terbuka.

Dengan New South Wales dan Victoria pada Senin melaporkan sekitar 55.000 kasus baru, total infeksi COVID-19 di Australia menyentuh 1,03 juta sejak kasus pertama tercatat hampir dua tahun lalu. Negara bagian dan teritori lain akan melaporkan kasus baru mereka di kemudian hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...