Kemenhub Siapkan Pelabuhan Depapre Jadi Hub Indonesia Timur

Andi M. Arief
12 Januari 2022, 06:46
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pelabuhan depapres, pelabuhan, jaya pura, infrastruktur Indonesia timur
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Pelabuhan Depapre akan menjadi pelabuhan utama yang diharapkan dapat menggeliatkan ekonomi di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya.

Kementerian Perhubungan tengah menyiapkan Pelabuhan Depapre di Kabupaten Jayapura sebagai hub wilayah Indonesia bagian timur. Salah satu yang tengah menjadi perhatian pemerintah adalah menciptakan muatan balik di pelabuhan ini untuk rute tol laut dari timur ke barat agar transportasi laut menjadi lebih efisien. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, komoditas yang dapat mendukung kontribusi muatan balik dari pelabuhan ini adalah  ikan, rumput laut, dan kayu. "Kalau ini diusahakan akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat Papua dan juga dapat mengoptimalkan kinerja kapal tol laut karena tidak ada muatan yang kosong," kata Budi Karya dalam keterangan resmi, Selasa (11/1). 

Advertisement

Pelabuhan Depapre telah terhubung dengan tol laut sejak 2021. Ia berharap kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya dapat aktif meningkatkan kinerja pelabuhan ini. 

Pelabuhan ini berdiri di atas lahan seluas 24,83 hektar dari rencana pembangunan akhir hingga 74 hektar. Pembangunannya memakan waktu lima tahun depan investasi mencapai Rp 175 miliar. 

"Pelabuhan Depapre akan menjadi pelabuhan utama yang diharapkan dapat menggeliatkan ekonomi di Kabupaten Jayapura dan sekitarnya," ucap Budi. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement