Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru di Wilayah Jambi

Image title
14 Januari 2022, 09:15
minyak, temuan minyak, cadangan minyak
Muhammad Zaenuddin|Katadata
SKK Migas semakin optimis kinerja hulu migas akan semakin baik dan mampu memenuhi target lifting pada 2022 seiring dengan penemuan dua cadangan minyak baru pada awal tahun.

Pertamina EP Regional Sumatera mengumumkan temuan minyak pada sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kabupaten Muaro Jambi. Sumur ini terletak kurang lebih 8 km dari fasilitas produksi eksisting SP GS-02 dan 14 km dari fasilitas produksi SP Ketaling.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan sebagai Regional Sumatera Subholding Upstream Pertamina, Jaffee Arizon Suardin mengatakan seluruh upaya ini merupakan wujud komitmen Pertamina dalam meningkatkan cadangan dan produksi migas di Sumatera dan mendukung pencapaian target produksi migas nasional. 

Temuan minyak diperoleh melalui uji kandungan lapisan (Drill Stem Test/DST) pertama (DST#1) yang dilakukan pada reservoir sandstone Formasi Air Benakat pada interval 1.622-1.624 meter (mMD).  Sumber daya minyak ditemukan dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (bph) dan dan gas 0.18 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Selanjutnya, menurut Jaffe, pihaknya akan melakukan DST kedua (DST#2) pada interval 1.491-1.495 meter (mMD) di Formasi Air Benakat. 

“Selain capaian temuan sumber daya tersebut, Sumur SGET-001 diselesaikan lebih cepat dari jadwal dengan realisasi biaya di bawah target. Mudah-mudahan capaian tersebut bisa dipertahankan sampai rig release,” kata Jaffe dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1).

Menurut dia, pengeboran sumur SGET-001 dilaksanakan dengan memperhatikan aspek HSSE dan menerapkan protokol Covid-19 secara ketat. Temuan cadangan ini diharapkan menjadi pemantik bagi pekerja Pertamina di Regional Sumatera untuk terus berupaya menemukan cadangan-cadangan migas baru.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Anggono Mahendrawan mengapresiasi upaya Pertamina yang berhasil  menemukan cadangan-cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...