Penyakit Jantung Membebani Negara Rp 10 T, Ini Strategi Menkes

Agustiyanti
25 Januari 2022, 18:07
budi sadikin, penyakit jantung, menkes, kementerian kesehatan, penyakit katastropik
Katadata
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, pengobatan penyakit jantung membebani negara paling besar mencapai Rp 10,2 triliun.

BPJS Kesehatan mencatat, anggaran yang dihabiskan untuk membiayai pasien katastropik mencapai puluhan triliun per tahun. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, pengobatan penyakit jantung membebani negara paling besar mencapai Rp 10,2 triliun.

“Di BPJS, kami lihat penyakit jantung membebani negara Rp 10,2 triliun, kanker Rp 3,5 triliun, stroke Rp 2,5 triliun, dan gagal ginjal Rp 2,3 triliun,” kata Budi dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX di DPR, Selasa (25/1)

Budi menjelaskan, penyakit-penyakit tersebut merupakan kelompok katastropik yang sebenarnya dapat dilakukan pencegahan. "Dibandingkan mereka masuk rumah sakit sudah parah dalam stadium lanjut dan menjadi tidak produktif serta biaya perawatannya mahal, lebih baik kita dorong masyarakat hidup lebih sehat sehingga tidak sakit jantung atau kanker,” ujarnya. 

Ia pun menjelaskan terjadi perubahan pola penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia dalam 10 tahun terakhir. Stroke dan serangan jantung masih menjadi penyeban kematian terbesar dalam jangka waktu 2009-2019. 

Namun, TBC yang menjadi penyakit penyebab kematian tertinggi pada 2009 bergeser ke posisi kelima pada 2019. Sementara diabetes yang berada diposisi keenam naik ke posisi ketiga. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...