Jokowi Minta Jangan Panik, Pasien Omicron Bisa Sembuh Tanpa ke RS

Agustiyanti
3 Februari 2022, 21:12
jokowi, rumah sakit, omicron, varian omicron
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 akibat varian Omicron.

Kasus baru Covid-19 terus menunjukkan tren kenaikan bahkan mencapai 27.197 orang pada Kamis (3/2). Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang menghadapi lonjakan kasus yang dipicu oleh penyebaran varian Omicron ini.  

"Varian omicron bisa disembuhkan tanpa ke rumah sakit. Pasien yang terinfeksi, cukup melakukan isolasi, minum obat dan multivitamin, dan tes kembali setelah lima hari," ujar Jokowi dalam konferensi pers, Kamis (3/2). 

Jokowi menjelaskan, varian Omicron memang memiliki tingkat penularan yang tinggi, tetapi tingkat keparahan yang disebabkan oleh varian ini lebih rendah dibandingkan Delta.

"Hal ini bisa terlihat dari kasus covid-19 di beberapa negara. Tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah meski kasus tinggi. Ini juga terjadi di Indonesia," kata Jokowi.

Saat ini, menurut Jokowi, kondisi rumah sakit masih terkendali meski terjadi lonjakan kasus. Kasus baru yang per hari ini mencapai 27.197 orang, menurut dia, telah diprediksi dan diantisipasi pemerintah.  

"Lonjakan ini sudah diperkirakan dan diantisipasi pemerintah dengan kesiapan-kesiapan yang jauh lebih baik dari segi rumah sakit, obat-obatan, oksigen, tes, isolasi, dan tenaga kesehatan. Kondisi rumah sakit saat ini terkendali," ujarnya. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengingatkan masyarakat untuk taat menjalankan disiplin protokol kesehatan, mengurnagi aktivitas yang tidak perlu, dan melakukan vaksinasi bagi yang belum.

"Bagi yang belum divaksin, harus segera. Bagi yang sudah dilengkap vaksinasi dan sudah waktunya disuntik booster, agar segera vaksin booster," katanya. 

Ia juga  memerintahkan Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto agar terus mengevaluasi level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di setiap daerah.

"Saya juga telah meminta gubernur, bupati, walikota untuk bekerja sama dengan jajaran TNI dan Polri guna memastikan protokol kesehatan berjalan dan mempercepat vaksinasi," kata Jokowi. 

Pemerintah tengah mendorong masyarakat yang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah guna mencegah ketidakmampuan rumah sakit menangani pasien akibat lonjakan kasus. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...