Menlu AS Puji Kepemimpinan Indonesia Bahas Isu Kesehatan Global di G20

Agustiyanti
16 Februari 2022, 07:07
Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, G20, katadataG20
Antara
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menilai dibutuhkan skema pendanaan baru dari Bank Dunia yang secara khusus menitikberatkan pada kapasitas yang dibutuhkan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghadapi ancaman di masa depan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memuji kepemimpinan Indonesia dalam membahas isu kesehatan global di forum kelompok 20 negara ekonomi besar dunia atau G20

"Saya ingin memuji Indonesia karena kepemimpinannya di G20 tahun ini telah menggerakkan kita semua dalam hal ini," kata dia pada Pertemuan Aksi Global Covid-19 pada Senin (14/2).

Menurut Blinken, dunia harus menatap masa depan dan memperkuat keamanan kesehatan global untuk menghadapi keadaan darurat berikutnya. Hal ini, antara lain harus dilakukan dunia dengan memastikan pendanaan berkelanjutan untuk tanggap dan kesiapsiagaan pandemi, termasuk oleh lembaga-lembaga internasional yang kokoh secara finansial.

Ia menilai dibutuhkan skema pendanaan baru dari Bank Dunia yang secara khusus menitikberatkan pada kapasitas yang dibutuhkan untuk mencegah, mendeteksi, dan menghadapi ancaman di masa depan. 

Blinken mengatakan, pertemuan itu merupakan langkah penting untuk mencapai tujuan bersama, yakni pemulihan kesehatan global. Ia menekankan kenyataan bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...