Solo Akan jadi Tuan Rumah Forum Perdagangan, Investasi, & Industri G20

Andi M. Arief
2 Maret 2022, 14:42
Solo, TIIWG, G20, katadataG20
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.
Ilustrasi. Pertemuan TIIWG akan berlangsung di Solo sebanyak dua kali, yakni pada 29-30 Maret 2022 dan 7-8 Juni 2022.

Kelompok Kerja Perdagangan, Investasi, dan Industri atau Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) akan menyelenggarakan side event perdana, bagian dari rangkaian acara menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Kota Solo dipilih menjadi tuan rumah parhelatan tersebut. 

Kementerian Perindustrian mengatakan, ada beberapa alasan terpilihnya Solo sebagai tuan rumah pertemuan TIIWG. Salah satunya, pertumbuhan industri kecil dan menengah (IKM) yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Advertisement

"Solo Raya ini industrialisasinya tumbuh cukup baik, bahkan banyak yang merelokasi industrinya ke Solo dan membawa dampak cukup besar untuk Solo Raya," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional Kemenperin Eko Cahyanto kepada Katadata, Rabu (2/3). 

Pertemuan TIIWG akan berlangsung di Solo sebanyak dua kali, yakni pada 29-30 Maret 2022 dan 7-8 Juni 2022. Adapun, lokasi acara pertemuan perdana TIIWG pertama adalah Pabrik Gula Colo Madu yang kini telah beralihfungsi menjadi tempat pertemuan atau convention center

Eko menilai, alih fungsi Pabrik Colo Madu adalah bukti industri berkelanjutan di dalam negeri. Ia berpendapat pengalihfungsian pabrik ini menunjukkan bahwa industri dalam negeri ramah lingkungan dan mampu memanfaatkan aset semaksimal mungkin tanpa merusak lingkungan.

Selain memiliki representasi nilai industri, Eko mengatakan Solo dipilih karena telah memiliki tingkat vaksinasi yang tinggi. Di samping itu, Satgas Covid-19 mendata tingkat kepatuhan memakai masker di Kota Surakarta telah lebih dari 90%. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement