Sri Mulyani Beberkan Nilai Tambah Perempuan Sebagai Pemimpin

Abdul Azis Said
7 Maret 2022, 20:16
Sri Mulyani, perempuan, organisasi
smindrawati/instagram
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut perempuan dapat memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan ataupun organisasi.

Kemampuan perempuan dalam memimpin tidak jarang dipertanyakan. Menteri Keuangan Sri Mulyani menekankan, pemimpin perempuan dalam perusahaan atau organisasi justru dapat memberikan nilai tambah. 

"Biasanya perempuan dianggap tidak pantas untuk suatu posisi dan harus membuktikan posisinya. Dia harus bekerja lebih keras, kadang-kadang dua kali lebih baik dari laki-laki untuk bisa menjustifikasi posisi yang dipegangnya," kata Sri Mulyani dalam webinar Women in Leadership yang digelar Katadata.co.id, Senin (7/3)

Advertisement

Kondisi tersebut, menurut Sri Mulyani, menunjukkan bahwa level dari 'playing field' yang dihadapi perempuan dan laki-laki berbeda. Padahal, perempuan dapat memberikan dampak positif pada kinerja perusahaan ataupun organisasi. Perempuan dianggap memiliki kepekaan yang tinggi sehingga dapat membantu perusahaan menghasilkan produk atau layanan yang bisa menjangkau audiens lebih beragam.

"Kalau isinya hanya laki-laki semua, maka mereka lupa bahwa customer-nya juga ada perempuan. Makanya sering dengar di Google atau Facebook, produk yang didesain oleh laki-laki, mereka lupa bahwa customer perempuan itu berbeda, sehingga perbedaan itu tidak akan tercapture kalau dalam proses pembuatan kebijakan hanya terdiri dari laki-laki saja," ujarnya.

Perempuan juga sering dianggap memiliki kemampuan multitasking atau melakukan beberapa hal dalam waktu bersamaan sehingga skill-nya lebih terlatih. Saat perempuan menjadi pemimpin, mereka juga cenderung lebih detail dan bisa melihat dari berbagai sisi yang tidak terlihat. Perempuan juga identik dengan empati dan kemampuan untuk coaching yang lebih baik. 

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement