McDonalds, Starbucks, dan Coca-cola Setop Operasional di Rusia

Agustiyanti
9 Maret 2022, 08:31
rusia, ukraina, rusia ukraina, perang rusia ukraina, mcdonalds, pepsi, cocacola, starbucks
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria/aww/sad.
Ilustrasi. Sejumlah perusahaan asal Amerika Serikat telah memutuskan untuk menyetop operasional mereka di Rusia sebagai respons atas invasi negara tersebut ke Ukraina.

PepsiCo, Coca-Cola, McDonald's, dan Starbucks memutuskan untuk menyetop operasional mereka di Rusia sebagai respons atas invasi negara itu ke Ukraina. Penghentian operasional dilakukan setelah menghadapi kritik dalam beberapa hari terakhir karena terus beroperasi di Rusia saat banyak perusahaan-perusahaan Amerika Serikat lainnya memutuskan hengkang. 

Pepsi telah menjual produknya di Rusia selama lebih dari enam dekade, bahkan ketika perusahaan harus menukar konsentrat sodanya dengan vodka Stolichnaya dan kapal perang. Sementara McDonald's membuka lokasi pertamanya di Moskow, hanya beberapa bulan sebelum Uni Soviet runtuh.

Profesor Yale Jeffrey Sonnenfeld menyusun dan mempublikasikan daftar perusahaan AS yang telah menarik diri dari Rusia setelah invasi Presiden Vladimir Putin - dan yang tidak. Hingga Selasa sore, Coke adalah salah satu nama yang paling dikenal dalam daftar tersebut. 

"Hati kami bersama orang-orang yang menanggung dampak buruk dari peristiwa tragis di Ukraina ini," kata Coke dalam pernyataannya pada Selasa (8/3), seperti dikutip dari CNBC.

Rusia mewakili salah satu dari sedikit wilayah di seluruh dunia di mana saingan Coke, PepsiCo, memiliki pangsa yang lebih besar. Dalam pengajuan peraturan, Coke mengatakan bisnisnya di Ukraina dan Rusia menyumbang sekitar 1% hingga 2% dari pendapatan operasional bersih konsolidasi dan pendapatan operasional pada 2021.

Pepsi, di sisi lain, menghasilkan sekitar 4% dari pendapatan tahunannya di Rusia meskipun tidak menghentikan semua bisnis di negara itu. Perusahaan mengatakan akan terus menjual beberapa produk penting, seperti susu formula, susu dan makanan bayi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...