Hari Ini, Jokowi Lantik Bambang Susantono Jadi Kepala Otorita IKN

Rizky Alika
10 Maret 2022, 09:02
ibu kota negara, IKN, Jokowi
Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas/pras.
Presiden Joko Widodo akan melantik dua pimpinan otorita Ibu Kota Negara di Istana Negara pada hari ini (10/3).

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dipimpin oleh Kepala Otorita IKN. Presiden Joko Widodo rencananya akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita IKN dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN pada hari ini (10/3).

Berdasarkan informasi yang diterima Katadata, pelantikan akan dilakukan di Istana Negara Jakarta pada sore ini.

Bambang saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB). Dia bertanggung jawab atas pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim serta Departemen Riset Ekonomi dan Kerja Sama Regional.

Meski demikian, ia bukan orang baru di pemerintahan. Bambang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Ia menjadi wakil dari Evert Erest Mangindaan sepanjang 2009 hingga 2014. Bambang juga sempat menjadi Pelaksana tugas Menteri Perhubungan usai Mangindaan mengundurkan diri ada 2014.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Deputi Menko Perekonomian bagian Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada 2007-2010. Pria kelahiran Yogyakarta, 4 November 1963 itu mendapatkan gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung pada 1987.

Bambang juga mengenyam pendidikan diUniversity of California, Berkeley di Amerika Serikat pada 1993. Tidak tanggung-tanggung, ia memiliki dua gelar Master dari Berkeley yakni Master di bidang Perencanaan Kota dan Wilayah pada 1996 dan bidang Teknik Transportasi pada 1998. Gelar doktor di bidang Perencanaan Infrastruktur juga didapatkan dari kampus yang sama pada 2000.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...