IMF: Resesi Rusia di Depan Mata, Ada Tiga Dampaknya ke Ekonomi Dunia

Abdul Azis Said
10 Maret 2022, 14:47
IMF, perang rusia ukraina, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/Sputnik/Alexey Nikolsky/Kremlin /rwa/sad.
Presiden Rusia Vladimir Putin. JP Morgan memperkirakan ekonomi Rusia akan terkontraksi 35% pada kuartal kedua tahun ini.

Dana Moneter Internasional (IMF) menyebut ekonomi Rusia akan masuk ke jurang resesi sebagai dampak sanksi dijatuhkan oleh Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa. Dampak dari perang Rusia dan Ukraina juga akan menimbulkan tekanan ke ekonomi global.

"Kami belum memiliki perkiraan akurat tentang seberapa besar ekonomi Rusia dapat menyusut. Namun yang pasti, resesi ada di depan mata sebagai dampak yang sangat mungkin bagi Rusia," kata Direktur Manajer IMF Kristalina Georgieva dalam keterangan resminya

Georgieva menyebut, dampak perang, termasuk sanksi berlapis yang sudah dijatuhkan oleh Amerika dan sekutunya ke Rusia akan tertransmisi pada sejumlah saluran. Pertama, kenaikan harga komoditas, terutama harga energi dan pangan. 

Kedua,  migrasi penduduk yang signifikan ke beberapa negara tetangga Ukraina. IMF memperingatkan bahwa migrasi ini akan menciptakan spillover negatif bagi negara-negara di sekitar Ukraina.

Georgieva menyebut beberapa tetangga Ukraina juga telah meminta bantuan pendanaan dari IMF lebih banyak, salah satunya Moldova. Ia mengatakan, pihaknya siap membantu negara-negara yang akan terkena dampak dari migrasi tersebut.

Ketiga, dampak perang terutama dari sisi kepercayaan yang dinilai sebagai efek yang paling berat. Georgieva menyebut kekacauan di Ukraina telah menyebabkan erosi pada kepercayaan bisnis.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...