Sumur PLTP Geo Dipa di Dieng Dikabarkan Meledak, Satu Orang Tewas

Ledakan di Sumur PLTP Geo Dipa di Dieng, Jawa Tengah dikabarkan menelan satu korban jiwa.
Image title
12 Maret 2022, 20:48
Sumur, PLTP, sumur meledak, geo dipa
ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Instalasi sumur geothermal atau panas bumi milik PT Geo Dipa Energi di dataran tinggi Dieng Desa Pranten, Bawang, Batang, Jawa Tengah, Senin (13/1/2020). Media lokal melaporkan terjadi ledakan pada salah satu sumur bor PLTP milik Geo Dipa di Dieng, Jawa Tengah.

Sumur Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) milik PT Geo Dipa Energi yang terletak di Dieng, Wonosobo dikabarkan meledak pada Sabtu sore (12/3). 

Mengutip Kabar Wonosobo, ledakan terjadi pukul 17.25 WIB. Media lokal ini melaporkan satu orang meninggal dunia dan enam orang lainnya mengalami luka-luka.

Dalam video beredar terkait kondisi di lokasi kejadian yang diterima Katadata.co.id, pihak berwajib sudah memasang garis polisi untuk mengamankan lokasi. 

Katadata.co.id berupaya mengkonfirmasi kabar ini kepada Direktur Utama Geo Dipa Energi Riki F. Ibrahim melalui sambungan telepon maupun pesan singkat. Namun, belum ada jawaban dari yang bersangkutan hingga berita ini diturunkan. 

Advertisement

Mengutip situs resmi Geo Dipa Energi, pengembangan Lapangan Dieng menjadi masuk dalam salah satu rencana pengembangan perusahaan, baik untuk lisrik maupun nonlistrik. Saat ini, baru satu unit PLTP yang beroperasi di Dieng sebesar 60 MW. Namun demikian, Geo Dipa memperkirakan Lapangan Dieng memiliki sumber daya yang cukup untuk pengembangan secara bertahap sebanyak 8 unit PLTP sebesar 400 MWe.

Perusahaan patungan Pertamina dan PLN ini pun menyebut telah bersiap mengembangkan PLTP Dieng Unit-2 dan Unit-3. Perusahaan juga akan mengembangkan PLTP Binary sebagai komplimenter dari PLTP eksisting dengan memanfaatkan energi panas dari brine hasil produksi. Selain itu, Geo Dipa mempersiapkan pengembangan PLTP skala kecil dengan memanfaatkan sumur-sumur idle, sumur berproduksi rendah maupun excess steam di lapangan tersebut.

 

 

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait