Luhut Minta Masyarakat Vaksin Agar Lebih Bebas Saat Puasa dan Lebaran

Rizky Alika
14 Maret 2022, 20:24
luhut pandjaitan, luhut, kasus covid-19, lebaran
Kemenko marvest
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan berharap, ibadah saat Ramadan dan Idul Fitri dapat berjalan dengan maksimal tanpa terjadi lonjakan kasus corona.

Pemerintah terus mendorong vaksinasi Covid-19 dosis primer hingga penguat (booster). Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah puasa dan Idul Fitri dengan lebih bebas.

"Semua lakukan vaksinasi legkap dan booster, terutama lansia dan komorbid sehingga nanti bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lebih bebas," kata Luhut dalam konferensi pers daring, Senin (14/3).

Ia berharap, ibadah saat Ramadan dan Idul Fitri dapat berjalan dengan maksimal tanpa terjadi lonjakan kasus corona. Meski demikian, masyarakat tetap diminta tidak meninggalkan protokol kesehatan.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali ini pun meminta masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi, baik dosis primer dan booster. Percepatan vaksinasi diperlukan selama dua pekan sebelum memasuki bulan puasa.

Ia pun meminta masyarakat tidak memilih jenis vaksin. "Semua sama efektifnya untuk berikan antibodi pada Covid-19," ujar Luhut.

Kementerian Kesehatan membuka peluang untuk melonggarkan protokol kesehatan saat Ramadan, yaitu jaga jarak saat beribadah. Namun, pelonggaran protokol kesehatan itu perlu diimbangi dengan protokol lainnya, seperti kewajiban membawa sajadah pribadi dan alat salat masing-masing.

"Misalnya pada kegiatan tertentu seperti aktivitas di tempat ibadah karena kita mau memasuki bulan Ramadan, mungkin jaga jarak sudah tidak lagi dijadikan salah satu indikator," kata Nadia dalam konferensi pers daring, Selasa (8/3).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...