Para Tokoh Adat Berharap dari Ibu Kota Negara: Utamakan Bangun SDM

Agustiyanti
14 Maret 2022, 22:35
Jokowi, tokoh adat, ibu kota negara, ibu kota baru
Dokumentasi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para tokoh adat dan agama di wilayah sekitar Ibu Kota Negara pada Senin (14/3).

Para tokoh adat dan agama setempat menitipkan harapan kepada pemerintah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) bernama Nusantara. Mereka menaruh harapan agar  pembangunan ibu kota baru tidak hanya mengenai infrastruktur, tetapi juga pengembangan sumber daya manusia (SDM). 

Harapan ini disampaikan para tokoh adat dan agama dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kabupaten Penajam Paser Utara, Senin (14/3). 

Advertisement

"Dalam proses pemindahan IKN kami berharap tidak hanya pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang dilakukan, tapi kami berharap agar diutamakan terlebih dahulu yaitu pembangunan SDM," ujar Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Penajam Paser Utara Helena dalam siaran pers yang diperoleh Katadata.co,id dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Helena menilai, pemindahan IKN menjadi momentum penting untuk pembangunan SDM di Kalimantan. "Kami meminta untuk segera dibangunkan balai pelatihan-pelatihan juga universitas di Kabupaten Penajam Paser Utara,” kata Helena.

Senada, Ashari yang juga merupakan tokoh adat di Banjar berharap pendidikan masyarakat lokal semakin baik dengan pembangunan IKN di wilayah tersebut. “Kami membayangkan orang suku-suku lokal yang ada di sini, baik itu Banjar, Paser, Dayak akan menjadi sejajar dengan para generasi-generasi muda yang khususnya di Pulau Jawa," ujarnya Ashari.

Ia menyambut baik upaya pemerintah untuk melibatkan masyarakat lokal berkontribusi dalam pembangunan IKN. Keterlibatan tersebut diyakini akan mengurangi konflik kepentingan antara ibu kota dengan lingkungan sekitar ibu kota.

“Pak Presiden akan menyampaikan kepada Ketua atau Kepala Otorita IKN bahwa harus dilibatkan masyarakat lokal agar nantinya tidak ada konflik kepentingan dan gap pembangunan antara ibu kota dengan sekitar ibu kota," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement