Rusia dan Ukraina Perang, Ini Ketergantungan RI ke Kedua Negara

Agustiyanti
15 Maret 2022, 14:03
ekspor, impor, perang, rusia-ukraina, rusia ukraina, perang rusia ukraina
ANTARA FOTO/REUTERS/Alexander Ermochenko/hp/sad.
Ilustrasi. ekspor Indonesia pada Januari-Februari 2022 ke Rusia mencapai US$ 347,1 juta, sedangkan impor mencapai 332,1 juta.

Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-20, tetapi belum ada tanda-tanda perang akan segera berakhir. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, perang berdampak pada perdagangan Indonesia dengan kedua negara. 

Kepala BPS Margo Yuwono menjelaskan, neraca perdagangan Indonesia dengan Rusia pada tahun lalu masih mencatatkan surplus US$ 239,8 juta. Namun dalam dua bulan terakhir, kinerja perdagangan dengan Rusia berbalik defisit sebesar US$ 15 juta. 

Berdasarkan data BPS, ekspor Indonesia pada Januari-Februari 2022 ke Rusia mencapai US$ 347,1 juta, sedangkan impor mencapai 332,1 juta. Adapun pada tahun lalu, ekspor dengan Rusia mencapai US$ 1,49 miliar, sedangkan impor sebesar US$ 1,25 miliar. 

Share ekspor kita pada tahun ini hanya mencapai 0,84%, sedangkan impor anya mencapai 1%,” ujar Margo dalam Konferensi Pers, Selasa (15/3). 

Margo menjelaskan, kinerja perdagangan antara Indonesia dan Ukraina juga masih sangat minim. Ekspor Indonesia ke negara tersebut pada Januari-Februari 2022 hanya mencapai US$ 28,7 juta, sedangkan impor sebesar US$ 28,7 juta sehingga tercatat defisit US$ 6,9 juta. 

Pada tahun lalu, ekspor Indonesia ke Ukraina tercatat US$ 417 juta, sedangkan impor mencapai US$ 1,05 miliar. Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan Ukraina mencapai US$ 624 juta pada 2021.

Adapun share ekspor dan impor Indonesia dengan Ukrnaina pada tahun lalu maupun tahun ini kurang dari 0,1% dari total ekspor dan impor Indonesia.

Lantas apa ketergantungan Indonesia terhadap Rusia dan Ukraina?

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...