Saham Jadi Pilihan Lindung Nilai Investor Global Hadapi Inflasi Tinggi

Agustiyanti
22 Maret 2022, 16:27
inflasi, saham, inflasi tinggi, the fed, bank sentral global
xPACIFICA/Getty Image
Ilustrasi. Sebanyak 35% responden survei yang digelar Market Live menilai saham adalah pilihan utama untuk melindungi portofolio terhadap efek korosif dari kenaikan harga.

Para investor menganggap sebagian besar bank sentral di pasar negara maju belum mengambil tindakan yang cukup untuk mengurangi dampak inflasi. Investor menganggap investasi di pasar saham menjadi lindung nilai terbaik terhadap kenaikan harga. 

Mengutip Bloomberg, kesimpulan tersebut termuat dalam hasil survei mingguan yang Market Live terhadap 886 investor. Mereka menilai hampir seluruh bank sentral negara maju belum cukup merespons lonjakan inflasi. The Federal Reserve misalnya, hingga kini masih membeli obligasi dan baru menaikkan suku bunga untuk pertama kalınya pada pekan lalu meski inflasi utama AS telah melonjak jauh di atas 2% selama satu tahun terakhir. 

Sebanyak 21% responden mengatakan, hanya beberapa bank sentral berada di belakang kurva. Selandia Baru dan Norwegia telah lama menaikkan suku bunga tanpa keributan.

Di Inggris, tolok ukur Bank of England sekarang seperti sebelum pandemi dimulai. Namun, BOE terus menegaskan bahwa kenaikan infalsi kemungkinan sementara meski angkanya sudan mencapai 8%. Hal ini menyebabkan ekspektasi inflasi meningkat lebih lanjut dan memaksa investor untuk mencari lindung nilai yang efektif jika mungkin gagal mencegah kenaikan harga.

Berbicara tentang lindung nilai, 35% responden menilai saham adalah pilihan utama untuk melindungi portofolio terhadap efek korosif dari kenaikan harga. Selain saham, investor menilai, emas dan obligasi menjadi lindung nilai atas inflasi. 

Preferensi untuk nilai saham mungkin berasal dari kemampuan, diduga perusahaan untuk menaikkan biaya kepada pelanggan. Meski obligasi terkait inflasi juga memberikan lindung nilai yang efektif, saham menjadi pilihan karena tidak memaksa investor untuk memilih tenor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...