Ada 79 Juta Orang Mau Mudik, Jokowi: Jangan Dibandingkan dengan MotoGP

Rizky Alika
30 Maret 2022, 19:27
Jokowi, mudik, mudik lebaran, vaksin, vaksinasi booster
www.setkab.go.id
Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. Jokowi meminta masyarakat tak membandingkan kebijakan perjalanan saat mudik dengan motoGP.

Warganet ramai-ramai memprotes kebijakan pemerintah yang mensyaratkan vaksinasi dosis penguat (booster) untuk pemudik dan membandingkannya dengan aturan perjalanan saat gelaran motoGP. Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengingatkan, terdapat sekitar 79 juta orang yang berencana mudik Lebaran pada tahun ini berdasarkan data terakhir. 

"Ini bukan jumlah yang sedikit," kata Jokowi di Candi Borobudur, Magelang, Rabu (30/3).

Ia mengatakan kebijakan mudik tak dapat dibandingkan dengan MotoGP. Ini lantaran jumlah perhelatan MotoGP hanya mendatangkan 60 ribu orang. "Tidak bisa 60 ribu dibandingkan dengan 79 juta," ujar dia.

Oleh karena itu, menurut Jokowi, penanganan mudik harus dilakukan secara hati-hati. Pemerintah juga perlu mengejar vaksinasi dosis primer dan booster untuk masyarakat.

Di sisi lain, Mantan Wali Kota Solo tidak mempermasalahkan masyarakat yang ingin berwisata saat libur Lebaran tahun ini. Namun, ia mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, utamanya pemakaian masker dan harus divaksinasi lengkap dan booster. 

"Karena ini untuk melindungi kita semuanya, untuk menjaga kita semuanya," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...