Megawati Tegaskan PDIP Tak Dukung Wacana Penundaan Pemilu

Image title
21 April 2022, 07:45
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, PDIP, megawati, pemilu, penundaan pemilu
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpendapat bahwa pernyataan dari Presiden Joko Widodo seharusnya cukup menjadi acuan untuk menepis berbagai wacana terkait penundaan pemilu.

PDI Perjuangan memastikan tak mendukung isu penundaan pemilihan umum atau pemilu yang sempat digaungkan oleh beberapa elit politik dan pemerintahan. Pernyataan sikap ini disampaikan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai respons atas sikap Presiden Joko Widodo yang telah menegaskan bahwa pelaksanaan Pemilu akan tetap dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

“Saya mengatakan dengan tegas sebagai Ketua Partai, no! Tidak ada penundaan pemilu sama sekali. Tetap berjalan apa adanya,” kata Mega dalam acara Kick Off and Talkshow Pembentukan BRIDA pada Rabu (20/4). 

Mega berpendapat bahwa pernyataan dari Presiden Joko Widodo seharusnya cukup menjadi acuan untuk menepis berbagai wacana terkait penundaan pemilu. Menurutnya, tidak semestinya para elit, terutama yang berada di lingkaran pemerintahan melontarkan isu penundaan pemilu.

“Sudah tegas-tegas dikatakan oleh Presiden tidak ada penundaan. Kurang apa lagi? Tapi itu kan permainan politik,” ujarnya.

Pernyataan sikap PDIP terkait penundaan Pemilu terucap saat Mega memberikan sambutan sebagai Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam peresmian Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA). Dia pun sempat meminta maaf karena pembicaraannya tidak sesuai dengan konteks dirinya sebagai Dewan Pengarah BRIN. Namun, dia merasa bahwa pertanyaan tersebut penting untuk disampaikan.

“Maaf kalau saya berbicara seperti ini. Tapi karena ini hal yang penting bagi kita semua bangsa Indonesia,” katanya.

Beberapa elit sempat menyampaikan bahwa salah satu alasan pemilu mesti ditunda, antara lain kondisi Indonesia pascapandemi Corona Virus Desease-19 (Covid-19). Namun Mega bersikukuh bahwa hal tersebut tidak dapat dijadikan alasan untuk menunda pesta demokrasi terbesar di negeri ini. Menurutnya, tidak hanya Indonesia yang menghadapi kondisi sulit pascapandemi.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...