Bank Sentral Eropa Berpotensi Naikkan Suku Bunga Tiga Kali Tahun Ini

Agustiyanti
27 April 2022, 11:13
eropa, suku bunga, normalisasi kebijakan
Pixabay
Ilustrasi. ECB pada akhirnya harus menaikkan suku bunga ke tingkat netral sebagai upaya normalisasi.

Bank Sentral Eropa (ECB) berpotensi menaikkan bunga hingga tiga kali pada tahun ini. Pejabat ECB Martins Kazaks menyerukan keharusan bank sentral untuk segera keluar dari stimulus. 

ECB sudah mulai menarik stimulusnya dalam beberapa bulan terakhir. Namun, inflasi sudah melonjak hampir empat kali lipat dari target sebesar 2%. Bank Sentral telah mengintensifkan seruan untuk akhirnya mengakhiri kebijakan moneter sangat longgar selama hampir satu dekade.

Advertisement

"Kenaikan suku bunga pada Juli adalah mungkin dan masuk akal," kata Kazaks, yang merupakan Gubernur Bank Sentral Latvia, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (27/4). 

Ia mengatakan, pasar memperkirakan kenaikan 2-3 kali sebesar 25 bps hingga akhir tahun. Ia menilai prediksi itu sangat masuk akan.  "Apakah itu terjadi pada Juli atau September tidak berbeda secara dramatis, tetapi saya pikir Juli akan menjadi pilihan yang lebih baik," katanya.

Kazaks mengatakan bahwa sebagai bagian dari normalisasi, ECB pada akhirnya harus menaikkan suku bunga ke tingkat netral.  Berbagai perkiraan menempatkan suku bunga Eropa akan berada  pada 1% hingga 1,5%,  jauh di atas suku bunga deposito yang minus 0,5% saat ini dan suku bunga refinancing utama tertahan di nol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement