Kronologi Penembakan di Texas AS yang Menewaskan 19 Siswa SD

Agustiyanti
26 Mei 2022, 10:03
penemabakan di texas, penembakan di SD, Texas
ANTARA FOTO/REUTERS/Marco Bello/aww/cf
Anak-anak naik ke bus sekolah saat anggota penegak hukum menjaga lokasi tersangka penembakan di dekat Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, Amerika Serikat, Selasa (24/5/2022).

Seorang remaja pria bersenjata membunuh sedikitnya 19 anak-anak dan dua guru di sebuah sekolah dasar yang terletak di Texas, Amerika Serikat pada Selasa (24/5) waktu setempat. Penembakan di Texas ini adalah tragedi pembunuhan terburuk di Amerika Serikat dalam satu dekade terakhir. 

Mengutip CNN, pihak berwenang menjelaskan, sebelum menyerbu sekolah dasar, tersangka yang diidentifikasi sebagai Salvador Ramos menembak neneknya sendiri yang kini berada dalam kondisi kritis. Pemuda berusia 18 tahun ini kemudian  melarikan diri dan menabrakkan mobilnya di parit dekat Sekolah Dasar Robb di Uvalde, Texas, sebuah kota sekitar 80 mil (130 km) barat San Antonio. 

Advertisement

Pemuda ini kemudian memasuki beberapa ruang kelas dan mulai menembakkan senjata. Para petugas datang setelah mendapatkan informasi dan mendengar bunyi tembakan dari arah ruang kelas mencoba masuk, tetapi menghadapi tembakan  pelaku. Sebagian dari para petugas pun tertembak saat mengungksikan para siswa dan guru. 

Insiden penembakan ini berakhir setelah petugas menembak mati tersangka. Terdapat 19 siswa dan dua guru meninggal dunia dalam insiden ini. 

CNN mengungkapkan, Ramos diduga sempat mengirimkan serangkaian pesan teks mengerikan kepada seorang gadis yang dia temui secara online beberapa menit sebelum kejadian nahas tersebut. Dalam pesan teks tersebut, ia menjelaskan baru saja menembak neneknya dan akan melakukan penembakan di sekolah dasar.

Menurut tangkapan layar yang ditinjau oleh CNN dan sebuah wawancara, gadis remaja itu mengatakan telah berhubungan dengan tersangka selama berminggu-minggu melalui Facetime, aplikasi streaming Yubo, dan game online Pluto. Dalam komunikasi terakhirnya, Ramos mengeluhkan tindakan sang nenek yang dianggap menjengkelkan karena menggunakan telepon saat ia sedang melakukan panggilan dengan sang gadis. 

Enam menit setelah Ramos mengirimkan pesan kepada sang gadis bahwa neneknya sangat menjengkelkan, Ramos kembali mengirim pesan bahwa telah menembak neneknya. Beberapa menit kemudian, ia kembali mengirimkan pesan bahwa tengah menuju sekolah dasar. Pesan terakhir dikirim pada pukul 18:21. Waktu Eropa Tengah (CET), yaitu 11:21 waktu Tengah (CT) di Texas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement