Serba-serbi Pernikahan Adik Jokowi dan Ketua MK yang Digelar Hari Ini

Agustiyanti
26 Mei 2022, 17:02
adik jokowi, ketua MK, pernikahan adik jokowi
instagram/Sri Mulyani
Para menteri jajaran kabinet Indonesia Maju 2 dan sejumlah tokoh nasional menghadiri pernikahan adik Presiden Joko Widodo dan Ketua Mahkamah Konstitusi.

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman resmi menjadi suami Idayati, adik Presiden Joko Widodo. Akad nikah dan resepsi digelar gedung pertemuan milik keluarga Jokowi, Graha Saba Solo, Kamis (26/5). 

Prosesi akad nikah dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB. Idayati memasuki lokasi akad nikah dengan diapit oleh kedua saudara perempuannya Iit Sriyantini dan Titik Ritawati. Adik Jokowi mengenakan kebaya berdesain simpel dengan warna krem keemasan, sedangkan mempelai pria tampil senada dengan beskap sikepan.

Presiden Joko Widodo yang menjadi wali nasab sang adik tampil dengan mengenakan beskap hitam dilengkapi blangkon. Jokowi juga didamping sang istri Iriana yang menggunakan kebaya berwarna hijau. 

Pengucapan ijab kabul dilakukan mempelai pria dengan lancar tanpa pengulangan.  Adapun seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan menjadi mahar pernikahan.

Pernikahan Anwar dan Idayati disaksikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin dari pihak mempelai perempuan dan  Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dari pihak mempelai pria. Adapun bertindak penghulu yakni Kepala KUA Banjarsari Surakarta Arba'in Basyar.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar  yang menyampaikan khotbah pernikahan berharap agar pasangan baru tersebut selalu dilimpahkan kebahagiaan. "Perkawinan mempertemukan hal yang berbeda, cita-cita perkawinan untuk menciptakan kebahagiaan. Perkawinan akan saling memaafkan, cinta yang sejati akan saling memaafkan segalanya. Perkawinan yang ideal mengerti satu sama lain," katanya.

Sejumlah tokoh terlihat hadir pada acara akad nikah tersebut. Beberapa di antaranya, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto,  Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

Ibu negara Iriana Joko Widodo turut mendampingi Presiden Jokowi mengenakan kebaya brokat berwarna hijau. Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan Wali Kota Surakarta serta istrinya, Selvi Ananda, yang mengenakan kebaya berwarna merah.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...