Harga Batu Bara Acuan Juni Tembus US$ 323,9 per Ton Imbas Krisis India

Muhamad Fajar Riyandanu
6 Juni 2022, 08:48
harga batu bara, harga batu bara acuan juni, batu bara
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Ilustrasi. Kenaikan harga batu bara acuan pada Juni juga dipengaruhi kenaikan permintaan dari Cina.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara acuan (HBA) bulan Juni 2022 sebesar US$ 323,91 per ton, naik 17% atau US$ 48,27 per ton dibandingkan bulan sebelumnya US$ 275,64 per ton. Kenaikan harga disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain krisis listrik yang menimpa India akibat gelombang panas.

"Pemerintah India telah meningkatkan jumlah impor batu bara dikarenakan ketatnya suplai batu bara dari produsen domestik untuk pembangkit listriknya," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, dalam keterangan resmi pada Sabtu (4/6).

Advertisement

Selain faktor dari India, menurut Agung, kenaikan HBA juga dipengaruhi atas kebutuhan batu bara yang meningkat di Cina. PLTU di negara tersebut mulai menumpuk stok batu bara untuk musim gugur. Apalagi, pemerintah Cina telah menghapus pajak impor batu bara selama sembilan bulan ke depan. 

Menurut Agung, faktor penting lain yang mengerek harga batu bara adalah kondisi geopolitik Eropa imbas konflik antara Rusia dan Ukraina. Uni Eropa mengeluarkan kebijakan akan menyetop impor batu bara dari Rusia efektif mulai bulan Agustus mendatang. "Pembeli dari Eropa mulai aktif mencari pasokan batu bara dari Asia," jelas Agung.

"HBA Juni ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batubara spot selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement