PDIP Percaya Diri Tak Berkoalisi pada Pemilu 2024

Image title
24 Juni 2022, 19:19
PDIP, koalisi, pemilu 2024, megawati
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa partainya tidak akan menjalin koalisi, tetapi kerja sama politik. Pernyataan ini disampaikan Mega dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP pada Selasa (21/6) di Sekolah Partai PDIP.

Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia (PDIP) menunjukkan gelagat untuk membentuk poros tunggal dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dalam berbagai pernyataan yang disampaikan oleh politisinya, PDIP enggan menlontarkan pernyataan koalisi, melainkan kerja sama politik.

Terminologi kerja sama politik digunakan lantaran partai tersebut telah memegang presidential threshold sebagai salah satu prasyarat pencalonan presiden. PDIP saat ini menggenggam 22,26% suara di DPR, lebih tinggi dari syarat presidential threshold sebesar 20%.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menyampaikan bahwa terminologi kerja sama politik juga merupakan arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Hal itu disebabkan sistem pemerintahan yang dianut Indonesia adalah presidensial, bukan parlementer.

“Kalau koalisi, gabungan partai politik itulah yang membentuk pemerintah,” ujar Masinton saat ditemui di Kompleks Parlemen pada Jumat (24/6). 

Masinton menyampaikan bahwa kerja sama politik lebih cocok digunakan untuk negara yang menganut sistem presidensial dibandingkan pembentukan koalisi. Menurut dia, perbedaan terminologi seperti ini merupakan hal mendasar yang dapat menguatkan sistem presidensial.

“Karena Pemilu presiden dan legislatif berbarengan, maka nanti ya sudah kami mengusung. Nah, nanti dia dapat kursi berapa,  kalau mau dikonversi suaranya berapa. Umpamanya menang calonnya, dikonversi dalam pemerintahan sesuai porsi kursinya,” jelas Masinton.

Masinton mengklaim bahwa PDIP tak ingin sendirian dalam menghadapi Pemilu 2024. Namun jika PDIP tak menemukan kecocokan selama penjajakan, partai berlambang banteng ini percaya diri untuk maju sendiri.

“Dalam berjuang itu kan kalau bersama-samanya tidak ketemu, ya sendiri kan harus jalan juga,” kata Masinton. 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...