Cina Akan Kucurkan Dana Infrastruktur Rp 1.119 T Demi Pulihkan Ekonomi

Abdul Azis Said
6 Juli 2022, 11:49
ekonomi cina, cina, perlambatan ekonomi cina, infrastruktur
ANTARA FOTO/REUTERS/Tingshu Wang/nz/cf
Ilustrasi. Ekonomi Cina diperkirakan hanya tumbuh 1% secara tahunan pada kuartal kedua tahun ini.

Cina akan menyiapkan dana investasi infrastruktur senilai 500 miliar yuan atau setara Rp 1.119 triliun (asumsi kurs Rp 2.239 per yuan) untuk memacu belanja infrastruktur dan menghidupkan kembali ekonominya yang lesu. Ekonomi Cina melambat akibat langkah pembatasan untuk menekan kasus Covid-19 dan pasar properti yang melemah. 

Mengutip Reuters, dua sumber yang mengetahui rencana ini memperkirakan dana tersebut akan mulai dibentuk pada kuartal ketiga tahun ini. Namun, sumber tak memberikan perincian lebih lanjut. Sementara itu, Kementerian Keuangan dan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional belum menanggapi permintaan konfirmasi dari Reuters.

Cina telah meluncurkan sejumlah langkah untuk mendukung ekonomi dalam beberapa pekan terakhir. Para analis mengatakan, target produk domestik bruto resmi sekitar 5,5% untuk tahun ini akan sulit dicapai tanpa menghilangkan strategi nol-Covid-19. 

Sebagian besar dukungan untuk ekonomi terbesar kedua di dunia itu berasal dari stimulus fiskal untuk melawan dampak Covid-19 tahun ini. Bank sentral terus melonggarkan kondisi likuiditas untuk menurunkan biaya pembiayaan.

Pihak berwenang juga menggandakan dorongan infrastruktur, membersihkan buku pedoman lama untuk menghidupkan kembali ekonomi, menjanjikan 800 miliar yuan dalam kuota kredit baru dan 300 miliar yuan dalam obligasi keuangan bagi bank untuk mendanai proyek-proyek besar.

Konsumen Cina mengencangkan ikat pinggang mereka di tengah aksi besar pemutusan hubungan kerja yang dilakukan perusahaan-perusahaan dan pendapatan masyarakat yang jatuh. Sementara itu, eksportir menghadapi tantangan dari kondisi ekonomi global yang berpotensi menurun tajam karena bank sentral utama memperketat kebijakan untuk melawan inflasi. 

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...