Peta Koalisi Partai Politik Menuju Pemilu 2024 di Mata LSI Denny JA

Agustiyanti
7 Juli 2022, 08:26
koalisi, partai politik, pemilu 2024
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ilustrasi. PDIP menjadi sentral poros koalisi sebab memiliki tiket suara di parlemen sebesar 22,26% untuk mencalonkan presiden dan wakil presiden.

Manuver untuk menjajaki koalisi tengah dilakukan oleh partai-partai politik mendekati pemilihan umum (Pemilu) 2024. Dari banyak komunikasi yang dilakukan oleh partai-partai politik, peta koalisi menunjukkan dua partai utama sebagai sentral, yaitu PDIP dan Golkar.

PDIP menjadi sentral poros sebab memiliki tiket suara di parlemen sebesar 22,26% untuk mencalonkan presiden dan wakil presiden. Direktur Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA Ade Mulyana menilai bahwa PDIP akan menjadikan Puan Maharani sebagai tokoh sentral lantaran merupakan satu-satunya partai yang memenuhi presidential threshold 20%. 

Advertisement

“Meskipun memang ada sedikit bermasalah dengan tingkat elektabilitas, tetapi masih bisa digenjot sampai akhir tahun 2022,” ujar Ade pada Rabu (6/7).

Selain PDIP, Golkar telah menjadi sentral poros di antara dua partai lain yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ini karena jumlah kader Golkar di parlemen lebih banyak di antara PAN dan PPP yang juga menginisiasi pembentukan KIB.

Ade  pun menilai bahwa Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto menjadi tokoh sentral dalam poros ini karena Golkar memiliki tiket 14,78% suara.

“Bisa dibilang Pak Airlangga punya saham paling gede di KIB,” katanya.

Adapun ia menganggap lima partai lainnya, seperti Gerindra, PKB, PKS, Nasdem, dan Demokrat masih terlalu rumit untuk dapat memunculkan poros ketiga. Ada beberapa faktor yang menyebabkan poros ketiga tak kunjung muncul.

Pertama, sulit menentukan sosok leader atau pemimpin di antara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Prabowo diketahui merupakan capres yang akan diusung Gerindra.

Surya Paloh juga dikabarkan telah memiliki nama-nama bakal capres hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Nasdem. Sementara AHY memiliki sosok SBY sebagai figur kuat di belakangnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement