Pemerintah akan Digitalisasi 1.000 Pasar Tradisional

Andi M. Arief
25 Juli 2022, 20:18
digitalisasi, umkm, pasar tradisional
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, akan fokus melakukan digitalisasi ke pasar dan pelaku UMKM di Pulau Jawa.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan digitalisasi terhadap satu juta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM. Program ini akan mengincar 1.000 pasar rakyat dari total 16.176 pasar tradisional di dalam negeri.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, digitalisasi dapat menggandakan pendapatan dan omset pelaku UMKM hingga puluhan kali lipat. Zulkifli mengutip data PT Tokopedia yang menyatakan bahwa pedagang pasar yang telah melakukan digitalisasi mengalami peningkatan pendapatan hingga 56 kali secara tahunan pada 2021 dan omzet tumbuh 96 kali lipat. 
"Jadi, sistem digital ini berarti petani bisa petani bisa juga jualan langsung ke konsumen, mempermudah dan memperpendek rantai distribusi antara produsen dan konsumen," kata Zulkifli di Pasar Cicalengka, Senin (25/7).

Zulkifli mengatakan, akan fokus melakukan digitalisasi ke pasar dan pelaku UMKM di Pulau Jawa. Jika berhasil, ia menilai sebanyak 65% dari target digitalisasi pelaku UMKM telah tercapai.

Menurut dia, 64 juta pelaku UMKM yang ada di dalam negeri memiliki potensi besar untuk mempercepat transformasi digital di sektor perdagangan. Namun, ia berpesan agar proses digitalisasi penjualan tak membuat pasar konvensional gulung tikar.

Digitalisasi yang dimaksud Zulkifli cukup luas, mulai dari mengakses sistem informasi sarana perdagangan untuk memantau harga barang di pasar, pembayaran retribusi secara digital, hingga masuk ke dalam platform Tokopedia.

Berdasarkan data Kemendag, total pasar yang telah menggunakan situs SISP adalah 2.047 unit, sedangkan sebanyak 537 unit pasar memantau harga melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP).

Total pelaku UMKM yang telah menggunakan metode pembayaran dengan memindai kode cepat (QRIS) mencapai 9,7 juta unit, sedangkan total pedagang pasar yang membayarkan retribusi secara digital mencapai 106.702 orang.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...