Gajah Tunggal akan Produksi Ban Khusus Kendaraan Listrik

Andi M. Arief
28 Juli 2022, 20:50
gajah tunggal, ban, ban kendaraan listrik, kendaraan listrik
KATADATA | Bernard Chaniago
Ilustrasi. Gajah Tunggal mencatatkan rugi pada semester I 2022 mencapai Rp 64 miliar.

PT Gajah Tunggal Tbk sedang mengembangkan ban khusus kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV). Emiten industri ban berkode GJTL ini optimistis dapat menyelesaikan pengembangan dan mulai memproduksi ban EV sebelum 2025.

EVP Corporate Finance GJTL Raymond Feddes mengatakan, pihaknya tak membutuhkan investasi tambahan untuk memproduksi Ban EV.  Pihaknyasedang mencari pengaturan dan komposisi bahan baku optimal untuk memproduksi ban EV.

"Kami tidak menciptakan sesuatu yang sangat baru, pada akhirnya ban EV adalah ban, tapi dengan spesifikasi yang berbeda. Dengan demikian, waktu pengemabngan bisa dipercepat secara umum," kata Raymond dalam paparan publik, Kamis (28/7).

Raymond mengatakan, ada beberapa spesifikasi yang harus dimiliki ban EV, antara lain memiliki berat massa yang lebih ringan. Namun demikian, indeks traksi antara ban dan jalan yang dimiliki ban EV harus tinggi.

Kedua hal tersebut, menurut dia,  dibutuhkan karena bobot EV lebih besar dari kendaraan konvensional akibat baterai. Dengan demikian, ban EV harus lebih ringan agar EV dapat memiliki kecepatan yang sama dengan kendaraan konvensional.

Menurut Raymond, tantangan pengembangan ban EV saat ini sebenarnya adalah infrastruktur dari EV di dalam negeri, terutama terkait ketersediaan stasiun pengisian daya. 

Direktur GJTL Hui Chee Teck mengatakan, jumlah SPKLU di dalam negeri tersebut masih sangat minim. Padahal, jumlah SPKLU sangat penting bagi ekosistem EV.

"Bayangkan kalau pengisian daya mobil dan motor elektrik di rumah secara serentak, akan menjadi situasi yang menantang," kata Chee Teck.

Adapun hingga Juni 2022, PLN telah mengoperasikan 139 stasiun pengisian kendaraan listrik umum atau SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...