MontD’Or Oil Tungkal Kantongi Perpanjangan Kontrak WK Tungkal 20 Tahun

Muhamad Fajar Riyandanu
27 Agustus 2022, 09:08
gross split, wk tunggal, migas
medcoenergi
Ilustrasi. MontD’Or Oil Tungkal Ltd. (MOTL) mengantongi perpanjangan kontrak pengelolaan untuk Wilayah Kerja (WK) Tungkal di Jambi selama 20 tahun.

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) MontD’Or Oil Tungkal Ltd. (MOTL) mengantongi perpanjangan kontrak pengelolaan untuk Wilayah Kerja (WK) Tungkal di Jambi selama 20 tahun yang berlaku mulai 26 Agustus 2022.  Namun, kontrak kerja sama menggunakan skema gross split, berubah dari kontrak yang berlaku selama 30 tahun sebelumnya yang  menggunakan skema cost recovery.

Cost recovery adalah penggantian biaya operasi hulu migas kepada KKKS. Skema ini kerap memicu perdebatan karena penggantian biaya kepada KKKS sering menjadi persoalan, antara lain bagaimana menentukan besaran cost recovery.  Sementara skema gross split menghapus cost recovery yang berarti menghilangkan tanggung jawab pemerintah dan SKK Migas untuk mengganti sebagian biaya operasi perminyakan yang biasanya ditanggung secara proporsional bersama KKKS.

Advertisement

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan Anggono Mahendrawan berharap MOTL dapat memberikan kontribusi yang lebih baik terhadap capaian produksi dan lifting migas nasional dengan perpanjangan kontrak ini.

“Tiga puluh tahun telah berlalu dan kini tonggak pengelolaan WK Tungkal hingga 20 tahun mendatang telah diperpanjang melalui kontrak gross split. Semoga MontD'Or dapat terus melakukan inovasi untuk menjaga stabilitas produksi minyak nasional,” kata Anggono dalams siaran pers pada Jumat (26/8).

KKKS MontD'Or Oil Tungkal Ltd. saat ini mengoperasikan dua lapangan minyak, yaitu Lapangan Pematang Lantih dan Mengoepeh. WK Tungkal saat ini menghasilkan produksi minyak rata-rata sebesar 745 barel minyak per hari (BOPD) atau 124% terhadap target APBN 2022.

Anggono berharap MOTL dapat memastikan program-program yang belum terlaksana pada periode kontrak cost recovery  dilanjutkan pada periode kontrak gross split untuk menjaga tingkat produksi di WK Tungkal.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement