Polri Akan Gunakan Mobil Listrik untuk Mengawal KTT G20

Agustiyanti
17 September 2022, 15:06
kendaraan listrik, mobil listrik, polri, kttg20
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ilustrasi. Pemerintah sedang mendorong penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menggunakan mobil listrik untuk kendaraan dinas dalam kegiatan pengamanan maupun pengawalan pada gelaran internasional KTT G20 di Bali.

"Polri sudah menyiapkan rencana untuk pengadaan kendaraan listrik baik untuk pengamanan dan pengawalan di G20," kata Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (17/9)

Advertisement

Selain untuk mengawal gelaran KTT G20, Polri rencananya juga akan menggunakan kendaraan listrik untuk operasional di ibu kota negara yang baru atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Adapun saat ini, jumlah kendaraan listrik tang dibutuhkan masih dalam perhitungan dan akan disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki Polri. 

"Jumlahnya masih dihitung ulang, sesuai dengan anggaran yang tersedia," katanya.

Menurut jenderal bintang dua itu, tahap awal penggunaan kendaraan listrik sebagai operasional polisi dilakukan pada acara KTT G20. Ia memperkirakan sekitar 50% kendaraan operasional Polri pada pengamanan dan pengawalan tamu resmi dan delegasi pada KTT G20 bakal menggunakan kendaraan listrik.

Sementara itu, pengadaan kendaraan listrik untuk tingkat Polda kemungkinan baru akan dimulai pada 2023. Namun, jumlah pengadaan motor dan mobil listrik tersebut masih dalam perhitungan. 

Selain pengadaan kendaraan operasional berbahan bakar listrik, menurut dia, penting untuk menyiapkan infrastrukturnya.  Infrastruktur yang dimaksud salah satunya stasiun pengisian bahan bakar listrik karena untuk dapat mengisi daya listrik. Pasalnya, satu mobil listrik membutuhkan daya berkekuatan 7.000 Watt listrik. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement