Perusahaan Milik Orang Terkaya RI Siap Produksi 1 Juta Kompor Listrik

Agustiyanti
23 September 2022, 21:12
kompor induksi listrik, kompor listrik, orang terkaya, michael hartono, bambang hartono
Olga Yastremska/123RF
Ilustrasi. Pemerintah memperkirakan industri dalam negeri dapat memproduksi 5 juta unit kompor induksi listrik pada tahun depan.

Pemerintah mencatat, terdapat 11 produsen kompor di dalam negeri yang bisa memproduksi kompor induksi pada tahun depan. Salah satunya adalah perusahaan milik konglomerat Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono, yakni  PT Hartono Istana Teknologi (Polytron). 

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, Taufiek Bawazier,  mengatakan, ketiga perusahaan di dalam negeri yang juga siap memproduksi kompor induksi pada tahun depan adalah  PT Maspion Elektronik (Maspion), PT Selaras Citra Nusantara Persada (Turbo), dan PT Sutrakabel Intimandiri (Sutrado). Rencananya, menurut dia, Polytron dan Sutrado akan memproduksi masing-masing 1 juta unit per tahun, sedangkan Maspion dan Turbo akan memproduksi masing-masing 300 ribu unit per tahun. 

"Kapasitas produksi kompor induksi di dalam negeri jadi 5 juta unit per tahun pada 2023 kalau ada program penggantian kompor konvensional menjadi kompor induksi. Kalau tidak ada program, industri akan menyesuaikan," kata Taufiek di Kompleks Gedung DPR, Rabu (21/9).

Ia menjelaskan, kompor induksi saat ini baru diproduksi oleh satu produsen di dalam negeri, yakni PT Adyawinsa Electrical and Power (Myamin). Perusahaan ini memproduksi 300 ribu unit kompor induksi pada tahun ini dan berniat meningkatkan produksinya menjadi 1,2 juta unit per tahun mulai tahun depan. Sementara beberapa pelaku industri lain yang akan menjadi produsen kompor induksi diperkirakan akan memproduksi 1,2 juta unit kompor induksi listrik. 

Taufiek mendata tingkat komponen dalam negeri atau TKDN industri kompor listrik saat ini baru mencapai 25%. Namun demikian, ia optimistis angka tersebut akan naik jika program penggantian kompor induksi terus berlanjut.

Menurut dia, kapasitas produksi kompor induksi akan meningkat jika program tersebut berlanjut. Dengan demikian, rantai pasok komponen industri kompor induksi akan secara otomatis terbentuk dengan besarnya produksi kompor induksi di dalam negeri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...