Keuntungan Miliaran Rupiah Penjualan Tiket di Balik Tragedi Kanjuruhan

Agustiyanti
3 Oktober 2022, 07:00
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, stadion kanjuruhan, arema fc vs persebaya
Antara/Ari Bowo Sucipto
Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan merupakan tragedi sepakbola terburuk kedua di dunia.

Pertandingan antara Arema dan Persebaya di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu (1/10) hingga kini telah menelan 131 korban jiwa. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyebutkan sejumlah kesalahan yang dilakukan panitia di belakang insiden ini, antara lain jumlah tiket yang dijual melebihi kapasitas stadion. 

Mahfud mengatakan, kepolisian sebenarnya sudah memberikan sejumlah usulan-usulan teknis di lapangan kepada panitia terkait keamanan pertandingan. Beberapa di antaranya, pelaksanaan pertandingan pada sore hari dan jumlah penonton sesuai dengan kapasitas stadion yakni 38 ribu orang. 

"Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam dan tiket yang dicetak jumlahnya 42.000," kata Mahfud pada Minggu (2/10), seperti dikutip dari Antara. 

Menurut Mahfud, banyaknya korban jiwa dalam kerusuhan di Stadion Kanjuruhan terjadi karena para supporter berdesak-desakan untuk keluar dari stadion. Banyak yang akhirnya terinjak-injak dan sesak nafas.

Para penonton berdesak-desakan keluar dari stadion setelah polisi menembakkan gas air mata ke sejumlah penjuru stadion. Tindakan ini dilakukan untuk membubarkan aksi kerusuhan yang dilakukan sebagian supporter di tengah lapangan usai Arema gagal memenangkan pertandingan. 

 

Penjualan tiket melebihi kapasitas stadion ini bukan dilakukan secara diam-diam oleh panitia pelaksana. Sejak pekan lalu, Panitia Pelaksana Arema FC sudah mengumumkan di media akan menjual 42 ribu tiket. 

Sehari sebelum pertandingan, yakni pada (30/9), panitia juga mengumumkan bahwa seluruh tiket telah ludes terjual. 

Berapa sebenarnya yang diraup pantia dari penjualan tiket?

Penjualan tiket pertandingan Arema vs Persebaya ini terbagi ke dalam tiga kategori, yakni ekonomi  sebanyak 37.980 lembar, VIP 1.880 lembar, VVIP 200 lembar, sedangkan sisanya 1.940 untuk sponsor dan tamu undangan. Adapun harga tiket yakni VVIP Rp 250 Ribu, VIP Rp 150 ribu dan ekonomi Rp 50 ribu. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...