Waspadai Ancaman Sejumlah Penyakit Memasuki Musim Hujan dan Banjir

Agustiyanti
9 Oktober 2022, 12:14
musim hujan
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/hp.
Ilustrasi. BMKG memperkirakan hujan lebat akan terjadi selama sepekan ke depan di 32 wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprediksi terjadinya cuaca ekstrem selama sepekan ke depan dengan potensi hujan lebat disertai petir dan kilat terjadi di 32 wilayah. Musim hujan yang disertai banjir kerap memicu sejumlah penyakut menular. 

Apa saja penyakut yang harus diwaspadai?

  • Diare

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama menjelaskan,  banjir yang mungkin terjadi di Jakarta dan berbagai daerah lainnya sedang dilanda hujan mengakibatkan sumber air minum masyarakat dari sumur dangkal banyak ikut tercemar. Kondisi ini dapat menyebabkan diare.

"Penyakit diare juga sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu," kata Tjandra Yoga Aditama dikutip dari Antara, Minggu (9/10). 

Mantan Dirjen Pengendalian Penyakit Kemenkes itu meminta masyarakat untuk membiasakan cuci tangan dengan sabun setiap akan makan atau minum serta sehabis buang hajat. Selain itu, membiasakan merebus air minum hingga mendidih setiap hari, menjaga kebersihan lingkungan, menghindari tumpukan sampah di sekitar tempat tinggal, serta menghubungi segera petugas kesehatan terdekat bila ada gejala diare.

  • Demam Berdarah Dengue atau DBD

Tjandra menjelaskan, musim hujan juga erat kaitannya dengan peningkatan penyakit DBD.  Ini karena terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti penyebab dengue atau yang biasa dikenal sebagai demam berdarah dengue (DBD) ketika musim hujan 

"Banyak sampah seperti kaleng bekas, ban bekas serta tempat-tempat tertentu terisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu, yang akhirnya menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk sebagai penular penyakit," katanya.

Kejadian ini, menurut dia, sebenarnya dicegah melalui gerakan 3M, yaitu mengubur kaleng-kaleng bekas, menguras tempat penampungan air secara teratur, dan menutup tempat penyimpanan air dengan rapat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...