Sandiaga: TMII Buka Sebelum G20 November, Harga Tiket Dievaluasi

Nadya Zahira
11 Oktober 2022, 06:19
Taman Mini Indonesia Indah atau TMI, TMII, renovasi TMII, harga tiket TMII
Humas Kementerian PUPR
Pemerintah tengah merenovasi Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Dana yang dihabiskan mencapai Rp 1,08 triliun.

Pemerintah menutup sementara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) selama melakukan proses renovasi. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan renovasi akan segera rampung sehingga TMII akan dibuka secara bertahap kepada publik. 

“Secara bertahap TMII akan mulai dibuka pada publik, dan targetnya sebelum G20 November 2022 ini, sudah mulai dibuka menyeluruh,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf di Jakarta Pusat, Senin (10/10).

Sandiaga mengatakan, pemerintah juga akan memperhitugkan kembali harga tiket TMII setelah renovasi.  Namun, dia belum mengantongi angkanya. 

“Kegiatan pembangunan dan penataan ini menggunakan dana APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), tapi tarif kedepannya akan disesuaikan tentunya,” ujarnya.

Meski demikian, ia memastikan tarif TMII akan tetap terjangkau sehingga dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Ia juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perusahaan Rakyat (PUPR) dan injourney. untuk membangun TMII sebagai tempat wisata unggulan. Pemerintah juga ingin mendorong TMII sebagai destinasi MICE (Meetings, Incentives, Conferences, Exhibitions) dan kuliner.

“Destinasi MICE maupun wisata kuliner nanti akan kita hadirkan di Taman Mini,” ujarnya.

Saat ini, proses renovasi TMII saat ini sudah mencapai 98%, Renovasi beberapa anjungan pun terpantau sudah rampung. 

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...