Dilarang di Singapura, Ini penjelasan Mie Sedaap soal Etilen Oksida

Agustiyanti
11 Oktober 2022, 11:28
Mie Sedaap, mi instan, etilan oksida
Instagram Mie Sedaap
Ilustrasi. Sejumlah produk mie sedaap ditarik di Singapura, Hong Kong, dan Taiwan karena ditemukan mengandung etilan oksida

Badan Pangan Singapura menarik peredaran empat produk mi instan merek Mie Sedaap asal Indonesia karena menemukan kandungan etilan oksida di dalam produk. Menjawab larangan tersebut, Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil memastikan pihaknya telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Sheila menjelaskan, penggunaan etilen oksida sebenarnya adalah hal umum di industri agrikultur. Senyawa ini merupan zat sterilizer atau anti mikroba pada rempah-rempah dan biji-bijian yang masih digunakan hingga saat ini di Amerika Serikat, Kanada, dan berbagai negara lainnya.

Advertisement

"Namun demikian, Mie Sedaap memastikan tidak menggunakan etilen oksida di seluruh lini produksi. Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Sheila dalam keterangan resmi, Selasa (11/10). 

Ia mengatakan larangan terhadap produk mi instan karena kandungan etil oksida tak hanya dialami mie sedap. Merek-merek mi instan dan kategori makanan lainnya seperti sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan lain sebagainya yang diproduksi oleh berbagai perusahaan yang berpusat di Jepang, Korea Selatan, Cina India dan Filipina juga mengalami kejadian serupa.

"Negara yang melakukan pemeriksaan tidak hanya Taiwan, tetapi juga beberapa negara lainnya," ujarnya. 

Sheila mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan investigasi lebih lanjut dengan otoritas dalam negeri maupun negara-negara yang mengeluarkan larangan terhadap produk mereka. Ia juga memastikan keamanan pangan dan keselamatan konsumen adalah prioritas utama perusahaan dan telah menerapkan seluruh standar keamanan pangan yang berlaku, di antaranya:

  1. Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia
  2. Sertifikat Halal (MUI)
  3. Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan
  4. Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu
 

Badan Pangan Singapura (SFA) sebelumnya mengeluarkan instruksi untuk menarik empat produk mi instan merek Mie Sedaap yang diimpor dari Indonesia. Penarikan dilakukan setelah SFA mendeteksi adanya etilan oksida atau pestisida pada produk-produk tersebut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement