Kekayaan PM Baru Inggris Rishi Sunak Rp 13 T, Dari Mana Asalnya?

Agustiyanti
25 Oktober 2022, 18:05
rishi sunak, pm inggris, perdana menteri inggirs, kekayaan rishi sunak
Instagram/rishisunakmp
Rishi Sunak tak hanya menjadi keturunan Asia pertama yang akan memimpin Inggris, tetapi juga perdana menteri terkaya dalam sejarah.

Rishi Sunak akan resmi menjadi perdana menteri baru Inggris menggantikan Lizz Trus yang mengundurkan diri pekan lalu setelah menjabat selama 44 hari. Sunak tak hanya menjadi keturunan Asia pertama yang akan memimpin Inggris, tetapi juga perdana menteri terkaya dalam sejarah.

Mengutip The Guardian, Sunak yang sebelumnya berprofesi sebagai bankir investasi dan istrinya yang merupakan pewaris miliarder teknologi India masuk dalam daftar orang terkaya Inggris versi Sunday Times. Mereka berjejer dengan anggota kerajaan dengan kekayaan mencapai 730 juta poundsterling atau setara Rp 12,9 triliun mengacu pada kurs Rp 17.683 per poundsterling. Kekayaan mereka bahkan lebih besar dua kali lipat dibandingkan Raja Charles III dan Ratu Camilla yang diperkirakan mencapai 330-350 juta poundsterling. 

Advertisement

Kekayaan pasangan itu terutama berasal dari saham sang istri, Akshata Murty di perusahaan ayahnya, Infosys. Mereka juga memiliki inkubator start-up Catamaran Ventures UK dan memiliki saham di sekitar setengah lusin perusahaan lain. Pasangan itu memiliki setidaknya tiga rumah di Inggris, serta properti Santa Monica, California, senilai sekitar US$6 juta.

Menurut Guardian, ia bersama dengan istri dan dua orang putrinya sehari-hari tinggal di rumah lima kamar tidur mereka di London Barat dan menghabiskan akhir pekan di Yorkshire Utara, rumah bangsawan Georgia. Surat kabar itu mengatakan, rumah bangsawan tersebut telah disulap sebagai rumah peristirahatan dengan kolam renang dalam ruangan, gym, studio yoga, bak mandi air panas, dan lapangan tenis.

Kekayaan Sunak di tengah situasi sulit sebagian masyarakat Inggris ternyata tak mempengaruhi kepopulerannya. Robert Ford, seorang profesor politik di University of Manchester mengatakan, orang Inggris secara keseluruhan tidak berpikir bahwa menjadi kaya adalah hal yang buruk atau mendiskualifikasi seseorang dari posisi perdana menteri. Ada banyak individu yang sangat kaya yang sangat populer di masyarakat.

“Orang-orang memang peduli dengan orang kaya yang membuat aturan untuk diri mereka sendiri. Namun mereka tidak keberatan selama Anda membayar pajak Anda, tetapi akan benar-benar mengganggu jika mereka tidak memenuhi kewajibannya,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement