Jababeka Akan Jadi Kawasan Industri Netral Karbon Pertama di ASEAN

Agustiyanti
12 November 2022, 09:04
jababeka, pertamina
Istimewa
Pertamina, Hitachi, Unilever, dan Loreal menandatangani komitmen untuk mencapai netral karbon di kawasan Jababeka.

Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Jawa Barat akan menjadi klaster industri netral karbon atau net zero carbon pertama di Asia Tenggara. Hal ini ditandai dengan komitmen bersama sejumlah perusahaan yang berada di kawasan industri tersebut, antara lain Pertamina, Hitachi, Unilever, dan Loreal. 

Perusahaan-perusahaan yang memiliki pabrik di Jababeka tersebut menandatangani pernyataan bersama untuk menjadi klaster industri net zero pertama di Kawasan Industri Jababeka di Indonesia Net Zero Summit 2022, side event B20 Indonesia 2022 pada Jumat (11/11).  Klaster ini akan didukung oleh World Economic Forum dan Accenture sebagai bagian dari inisiatif "Transitioning Industrial Clusters towards Net Zero"  yang bekerja sama dengan Accenture dan EPRI.

Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono, mengatakan, kawasan industri Jababeka akan bertransformasi menggunakan teknologi dan digital dalam operasionalnya guna mendukung tercapainya kawasan net zero carbon.  "Inisiatif ini akan membantu perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri terbesar di Asia Tenggara ini untuk mmengatasi meningkatnya permintaan konsumen akan produk berkelanjutan dan praktik bisnis yang bertanggung jawab," ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (12/11).

Presiden Direktur dan CEO Pertamina sekaligus Chair of the B20 Energy  Sustainability and Climate Change, mengatakan, upaya untuk meningkatkan penggunaan solusi energi terbarukan akan menjadi penting untuk menurunkan emisi karbon dari aktivitas industri. Namun untuk mencapai dekarbonisasi, menurut dia, dibutuhkan kolaborasi antar banyak pemangku kepentingan. 

"Jadi, kami mencari perusahaan tambahan di Jababeka untuk bergabung dengan kelompok baru ini. Sebagai perusahaan energi, Pertamina akan mendorong perjalanan ," kata dia. 

Direktur Supply Chain Unilever Indonesia Alper Kulak mengatakan, keberlanjutan harus menjadi bagian penting dari setiap strategi bisnis untuk memberikan kinerja yang unggul dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...