PUPR Sudah Bangun 21 Rumah untuk Korban Cianjur, Harganya Rp 150 Juta

Nadya Zahira
12 Desember 2022, 08:12
gempa cianjur, rumah, rumah rusak
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/tom.
Gempa Cianjur tak hanya menelan korban jiwa, tetapi juga menyebabkan kerusakan puluhan ribu bangunan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pembangunan 21 rumah dari target 200 unit Rumah Instan Sederhana Sehat atau RISHA  untuk korban gempa Cianjur. Rumah sederhana dengan struktur tahan gempa tersebut dibangun dengan biaya Rp 150 juta per rumah.

"Pembangunan RISHA sudah berjalan 10 hari dan tercatat sudah ada sekitar 21 unit yang terbangun. Jumlahnya akan terus meningkat karena prosesnya cepat sekali dan lebih mudah," ujar Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, yang dikutip dalam keterangan resmi, Senin (12/12).

Rumah khusus ini dibangun dengan teknologi RISHA di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku. Lokasi seluas 2,5 hektare ini disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur guna merelokasi masyarakat terdampak bencana. 

Adapun status lahan tersebut telah dinyatakan clean and clear berdasarkan justifikasi BMKG. Daerah tersebut aman dan tidak berada di daerah patahan dan rawan lainnya. Badan Geologi juga menilai topografi lahan aman dan layak bangun serta sesuai dengan tata ruang pemerintah daerah setempat.

"BMKG telah memastikan bahwa lahan tempat relokasi ini aman dari patahan cesar aktif, dan aman dari risiko fatal bencana," kata Iwan. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...