Daftar Jalan Tol Baru Beroperasi Penuh dan Fungsional saat Nataru 2022

Nadya Zahira
14 Desember 2022, 07:59
jalan tol, tol, nataru
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.
Ilustrasi. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan, kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Nataru 2022/2023 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memastikan kesiapan jalan tol dan jalan nasional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas pada libur Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. Berdasarkan data Kementerian PUPR, terdapat 2.578 km jalan tol dan 46.690 km jalan nasional yang siap dipergunakan untuk lalu lintas Nataru dengan kondisi kemantapan sebesar 91,8%.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kesiapan infrastruktur jalan dalam mendukung arus mudik Nataru 2022/2023 sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini juga didukung dengan penambahan ruas tol beroperasi pada tahun ini, berikut jalan tol yang dioperasikan secara fungsional untuk mendukung kelancaran libur Nataru, khususnya di Pulau Jawa dan Sumatera. 

"InsyaAllah jalan sudah lebih bersih dari sebelumnya dengan dilakukan peningkatan kualitas dan estetika, khususnya di jalan tol melalui beautifikasi di 66 ruas tol dengan total panjang 1.405 km," ujar Basuki saat Rapat Kerja Persiapan Nataru dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Selasa (13/12/2022). 

Basuki menjelaskan terdapat beberapa  penambahan ruas tol operasi di Pulau Jawa sepanjang tahun ini hingga November, yakni: 

  • Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan, 11,4 km)
  • Cibitung – Cilincing (Seksi 2 dan 3 Telaga Asih – Gabus Indah – Taruma Jaya, 24,4 km)
  • Serpong – Balaraja (Seksi 1 Serpong – CBD, 3,9 km) sudah operasi
  • Bekasi Cawang Kampung Melayu (Seksi 1 A dan Koneksi Jalan Tol Wiyoto Wiyono Sisi Timur, dan Off Ramp Jatiwaringin 2 km).

"Secara keseluruhan jalan tol di Pulau Jawa yang operasional sepanjang 1.670 km dengan di lengkapi Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) sebanyak 88 TIP terdiri dari 53 TIP tipe A, 29 TIP tipe B, dan 6 TIP tipe C," ujar Basuki. 

Basuki juga menyebut sejumlah jalan tol telah selesai konstruksi juga akan dioperasionalkan secara fungsional  untuk mendukung kelancaran lalu lintas Nataru di Pulau Jawa, yakni:

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...