Kementerian PUPR Kejar Pembangunan 61 Bendungan Hingga 2024

Nadya Zahira
12 Januari 2023, 08:14
bendungan, pembangunan bendungan
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/foc.
Ilustrasi. Salah satu bendungan yang ditargetkan rampung tahun depan adalah Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan 61 bendungan  rampung hingga 2024, guna menambah  pasokan air baku dan irigasi lahan pertanian. Salah satu bendungan yang ditargetkan rampung tahun depan adalah Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan bertujuan untuk peningkatan volume tampungan air. Ini agar suplai air ke lahan pertanian, penyediaan air baku dan pengendalian banjir terjaga.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga adanya suplai air yang berkelanjutan dari bendungan. Petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam," ujarnya melalui keterangan resmi, yang dikutip pada Kamis (11/1).

Bendungan Jragung dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana, Ditjen Sumber Daya Air. Instansi ini sebelumnya menyelesaikan pembangunan Bendungan Logung di Kabupaten Kudus dan Randugunting di Kabupaten Blora. 

Kepala BBWS Pemali Juana Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, Bendungan Jragung yang memiliki kapasitas tampung 90 juta m3 akan bermanfaat sebagai sumber air baku bagi wilayah Kota Semarang sebesar 500 liter per detik, Kabupaten Grobogan 250 liter per detik, dan Kabupaten Demak 250 liter per detik, serta menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 4.528 hektar di Kabupaten Semarang. 

"Kontrak pembangunan Bendungan Jragung ditandatangani pada akhir 2020 dan mulai konstruksi pada pertengahan 2021 setelah proses penyiapan lahan. Saat ini, progres konstruksi secara keseluruhan dari tiga paket pekerjaan sekitar 21,6% dan ditargetkan rampung pada tahun 2024," ujar Adek. 

Adek mengatakan,  percepatan pembangunan dengan metode konstruksi tengah dilaksanakan secara paralel sehingga penyelesaian pekerjaan yang satu untuk memulai pekerjaan lainnya. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...