Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf Akan Menjalani Sidang Tuntutan Hari Ini

Ade Rosman
16 Januari 2023, 08:19
kuat ma'ruf, ricky rizal, brigadir j, kasus brigadir j, ferdy sambo
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Terdakwa Kuat Ma'ruf (kedua kanan) saat menjalani sidang lanjutan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu (2/11/2022).

Dua terdakwa pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, yaitu Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf akan menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada Senin (16/1). 

"Senin, 16 Januari 2023. Jam 9.30 WIB, sampai dengan selesai. Agenda untuk tuntutan, di Ruang Sidang Utama," demikian dikutip dari Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Jakart Selatan, Senin (16/1).

Ricky dan Kuat telah menjalani beberapa rangkaian persidangan terkait peristiwa yang menewaskan mantan ajudan bekas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri, Ferdy Sambo tersebut sejak pertengahan Oktober 2022 lalu. 

Beberapa saksi yang diharapkan membuat terang perkara tersebut juga telah dihadirkan, mulai dari saksi ahli hingga saksi a de charge atau meringankan terdakwa. 

Ricky dan Kuat dalam perkara tersebut didakwa bersama Sambo, Putri Candrawathi dan Richard Eliezer melakukan pembunuhan berencana terhadap Yosua, di rumah dinas Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 juli 2022 lalu. 

Kelimanya didakwa melanggar Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 56 ke-1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP), dengan ancaman pidana maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup atau selama-lamanya 20 tahun

Adapun terdakwa lainnya, yakni Sambo akan menjalani sidang tuntutan pada Selasa (17/1), sedangkan Putri dan Richard keesokan harinya, Rabu (18/1). 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...