Siasat Wong Solo Group Ekspor Makanan ke Arab Saudi

Ade Rosman
18 Januari 2023, 06:14
umrah, haji, jemaah haji, katering jemaah haji, arab saudi, ekspor, wong solo
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Ilustrasi. PT PT Hati Barokah Investama resmi ditunjuk sebagai operator penyedia makanan bagi jemaah haji dan umrah.

Induk Usaha PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk atau Wong Solo Group, PT PT Hati Barokah Investama resmi ditunjuk sebagai operator penyedia makanan bagi jemaah haji dan umrah. Direktur Utama Hati Barokah Investama (HBI) Sugiri mengatakan, pihaknya juga mengincar pasar yang lebih luas di Arab Saudi selain katering jemaah haji dan umrah Indonesia. 

Menurut Sugiri, penjualan produk akan dilakukan melalui beberapa saluran. Salah satunya, penjualan dalam bentuk makanan kemasan melalui Kerajaan Arab Saudi (KSA) retail. Menurut dia, masyarakat Arab telah terbiasa dengan makanan instan kalengan, karena pasar tradisionalnya tidak banyak.

"Mereka sudah pack food friednly, setiap hari, setiap bulan belanjanya seperti itu," kata Sugiri di Kantornya, di Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (17/1).

Ia juga akan memasarkan produk makanannya melalui catering rumah, paket umum, hingga suplai ke hotel-hotel sekitar. "Di samping untuk jamaah haji dan umrah Indonesia, kami juga akan kita titip di hotel-hotel," katanya.

Pihaknya juga berencana akan mengembangkan restoran di sekitar Masjidil Haram sehingga produksi harian dapat terserap. Adapun bahan baku masakan nantinya akan diimpor dari Indonesia. 

HBI pada Selasa (10/1) ditunjuk oleh perusahaan makanan asal Arab Saudi Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company (Mashariq). HBI merupakan induk dari PT Halalan Thayyiban Indonesia Tbk (PT HATI) yang merupakan bagian dari Wong Solo Grup. 

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...