Argentina dan Brasil Akan Bikin Mata Uang Bersama, Tinggalkan Dolar AS

Agustiyanti
24 Januari 2023, 16:04
brasil, argentina, mata uang bersama
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Ilustrasi. Argentina dan Brasil berencana membentuk mata uang bersama untuk meninggalkan dolar AS.

Dua ekonomi terbesar di Amerika Selatan, Argentina dan Brasil memulai pembicaraan untuk menciptakan mata uang bersama. Pembentukan mata uang bersama, antara lain dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS. 

Mengutip CNN, Presiden Brasil Luiz Inacio "Lula" da Silva dan Presiden Argentina Alberto Fernández  dalam tulisan bersama yang diterbitkan di koran Argentina Perfil Sunday mengatakan, keduanya ingin mendorong integrasi yang lebih besar antara kedua negara melalui kesepakatan tersebut. 

"Kami telah memutuskan untuk bergerak maju dengan diskusi tentang mata uang bersama Amerika Selatan yang dapat digunakan untuk aliran keuangan dan komersial, mengurangi biaya operasi dan kerentanan eksternal kami," demikian tertulis dalam surat kabar tersebut, seperti dikutip dari CNN, Selasa (24/1). 

Pengumuman itu dikeluarkan saat Lula mengunjungi Argentina untuk perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat pada awal bulan ini. Pada konferensi pers di Buenos Aires, dia mengatakan pembentukan mata uang bersama untuk perdagangan akan mengurangi ketergantungan pada dolar AS. Dolar AS telah melonjak  kenaikan tajam tahun lalu dan melukai perekonomian banyak negara di seluruh dunia.

“Kami akan memiliki perdagangan eksternal selalu dalam mata uang yang sama dengan negara lain sehingga kami tidak harus bergantung pada dolar,” kata Lula.

Mengutip Reuters, kedua presiden menekankan perlunya hubungan yang baik antara Argentina dan Brasil untuk memperkuat integrasi regional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...