Landasan Rel Canggih Kereta Cepat Terpasang, Ada Alih Teknologi Cina

Agustiyanti
15 Februari 2023, 20:21
kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung, cina
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.
Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU) menjalani uji operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (16/11/2022).

PT Kereta Cepat Indonesia Cina telah menyelesaikan pemasangan ballastless track slab sebanyak 30.177 unit di proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB). Pemasangan landasan rel untuk kereta bertumpu dengan kecepatan tinggi ini adalah salah satu transfer teknologi dari Cina ke Indonesia.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pemasangan ballastless track slab pada trase KCJB dimulai sejak 29 Desember 2021. “Selesainya pemasangan seluruh ballastless track slab menjadi milestone penting proyek KCJB. Ini akan menjadi modal baik bagi kami di proyek KCJB untuk bisa segera melaksanakan pekerjaan-pekerjaan lainnya,” ujar Dwiyana dalam siaran pers, Rabu (15/2). 

Advertisement

Ballastless track slab adalah landasan tempat rel bertumpu yang terbuat dari beton. Konstruksi ini adalah bentuk modern landasan rel tanpa ballast yang sesuai untuk kereta api dengan kecepatan tinggi.

Dari 142,3 km panjang jalur KCJB, sekitar 60% jalur atau sepanjang 85,3 km menggunakan metode ballastless track slab karena pada jalur tersebut KCJB akan mencapai kecepatan maksimal yaitu 350 kmh. Penggunaan ballastless track slab juga memiliki stabilitas yang lebih tinggi dengan perawatan yang lebih mudah, dibandingkan dengan bantalan rel konvensional.

Sebanyak total 30.177 unit ballastless track slab disiapkan oleh dua kontraktor proyek KCJB yaitu Sinohydro dan Wika Beton. Produksi ballastless track slab awalnya dilakukan oleh Sinohydro sebanyak 15.391 unit. Setelah adanya alih teknologi dan pengetahuan, produksi ballastless track slab dilakukan sepenuhnya oleh kontraktor lokal yaitu Wika Beton sebanyak 14.786 unit.

Dwiyana melihat suatu proses transfer teknologi yang baik dari tiongkok ke Indonesia terkait dengan penerapan standar yang belum pernah ada di Indonesia dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. “Sekali lagi ini merupakan bentuk kerja sama yang baik antara dua negara Indonesia dan Tiongkok. Saya yakin kami bisa menyelesaikan pekerjaan ini sesuai dengan harapan stakeholder.” kata Dwiyana.

Tiongkok adalah negara dengan jalur kereta cepat terpanjang di dunia. Pada 2020, cina memiliki panjang rel mencapai 35.388 km, lebih dari 10 kali lipat Jepang yang juga sempat ikut tender dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement