Faisal Basri Sebut Capres Pengganti Jokowi Perlu Contoh BTS, Mengapa?

Abdul Azis Said
21 Februari 2023, 15:17
BTS, capres, faisal basri, pemilu
ibighit.com
BTS, boyband fenomenal Korea Selatan, mampu menggerakkan penggemarnya aktif dalam gerakan sosial seperti perubahan iklim.

Indonesia akan memasuki pemilihan umum atau pemilu pada tahun depan. Ekonom senior Faisal Basri menilai calon presiden yang baru nantinya perlu memiliki perhatian yang sama dengan persoalan yang diusung anak muda sekarang. Salah satu pendekatan yang bisa dicontoh yakni cara BTS, boyband fenomenal Korea Selatan, yang mampu menggerakkan penggemarnya aktif dalam gerakan sosial seperti perubahan iklim.

Faisal  sebetulnya mengaku pesimistis akan memperoleh calon presiden baru yang ideal. Hal ini karena ia mencurigai beberapa nama calon berasal dari satu 'bandar' yang sama sekalipun dari partai berbeda. Bandar yang dimaksud terutama para pengusaha yang aktif mengeruk dan merusak alam Indonesia.

Advertisement

"Saya pesimistis, tapi kita harus paksakan yang paling sedikit kelemahan atau sifat setannya. Itu mereka yang mengikuti agenda yang diusung anak muda. nah yang saya bayangkan yang jadi pendekayanya bukan pendekatan politik tetapi kultural, seperti yang dilakukan BTS dengan Army (sebutan untuk penggemar BTS)," kata Faisal dalam Peluncuran Survei Politik Kurious, Selasa (21/2).

Dia bilang sudah ada beberapa bukti yang menunjukkan seberapa kuat pengaruh BTS terhadap Army untuk terlibat dalam aksi-aksi sosial. Pada Juni 2022, Army diduga terlibat dalam aksi penggembosan kampanye calon Presiden AS Donald Trump di negara bagian Oklahoma. Banyak fans BTS mengantre daftar untuk hadir tetapi rupanya hanya 'prank'. Walhasil kampanye Trump saat itu sepi. 

Hal itu dilakukan di tengah ramai dukungan BTS untuk gerakan Black Lives Matter, sementara Trump diduga berada di haluan yang berbeda terkait kampanye tersebut.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement