KPK: Harta Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo Tak Sesuai Profil

Agustiyanti
24 Februari 2023, 09:02
KPK, harta kekayaan rafael alun, ditjen pajak, pejabat pajak
Arief Kamaludin|KATADATA
KPK akan memeriksa lebih detail terkait harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut, harta pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo yang mencapai sekitar Rp 56 miliar tidak sesuai dengan profil kekayaannya. Rafael menjadi sorotan akibat kasus penganiayaan yang dilakukan anaknya terhadap putra pengurus GP Anshor.

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menegaskan tidak ada larangan bagi pejabat untuk mempunyai aset atau harta kekayaan dalam jumlah besar. Namun, menurut dia, profil kekayaannya harus sesuai.

"Bukan dilarang, kalau lihat di announcement banyak yang hartanya jumbo. Yang jadi masalah kan profilnya enggak match. Jadi hartanya jumbo, kalau profilnya match enggak apa-apa. Misalnya bapak-nya sultan, warisannya banyak, ada juga pejabat yang begitu," kata Pahala Nainggolan di Jakarta, Kamis (24/2).

Meski demikian, menurut dia, KPK belum melakukan pemeriksaan detail terkait harta kekayaan Rafael. Namun, ia memastikan harta kekayaan Rafael tidak sesuai dengan profilnya sebagai pejabat eselon III. 

"Jadi kasus yang pejabat pajak ini,  kami bilang profilnya enggak match. Dia eselon 3 dan di-announcement-nya, detail isinya ya kebanyakan aset diam. Kami belum lihat lagi secara detail atau belum periksa sebenarnya apakah masih ada lagi aset yang lain," ujarnya

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...