Menkes Budi: Baru 44 dari 514 Kabupaten Bisa Operasi Ring Jantung

Agustiyanti
2 Maret 2023, 12:54
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menkes, jantung
Kementerian Kesehatan
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyebut Indonesia mengalami masalah suplai fasilitas kesehatan.

Penyakit jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, baru terdapat 44 dari 514 kabupaten yang memiliki rumah sakit dengan prosedur pemasangan ring jantung. 

"Saya sedih jadi Menkes, penyakit yang paling banyak adalah jantung, klaim BPJS tertinggi hingga Rp 12 triliun, tapi hanya 44 kabupaten dari 514 kabupaten yang bisa pasang ring," ujar Budi dalam Rakor BLU, Kamis (2/3). 

Budi menjelaskan, masalah tak hanya ada pada ketersediaan alat, tetapi juga kurangnya dokter yang dapat melakukan prosedur tersebut. Pemasangan ring jantung harus dilakukan oleh dokter spesialis jantung ahli intervensi. 

"Kalau untuk alat 514 kabupaten, mungkin dua tahun selesai. Tapi kami butuh dokter sekitar 400, sedangkan lulusannya hanya 24-30 orang per tahun," ujarnya. 

Budi mengatakan, kekurangan dokter spesialis terjadi karena hanya 20 dari 92 perguruan tinggi yang memiliki prodi spesialis. "Kita merdeka 100 tahun, mungkin baru bisa pasang ring. Itu baru jantung, belum dengan stroke da lainnya," kata dia. 

Masalah ini tak hanya terjadi pada penyakit jantung tetapi penyakit lainnya yang juga membutuhkan prosedur khusus. Kanker payudara yang menjadi penyebab kematian tertinggi peremian misalnya, membutuhkan dekeksi menggunakan mamografi. Nanun hingga kini, baru 200 dari 3.000 rumah sakit yang memiiki alat uji tersebut. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...