Sandiaga Sebut Jumlah Penonton WSBK 2023 Capai 59 Ribu

Agustiyanti
5 Maret 2023, 19:54
WSBK 2023, world superbike, superbike
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/YU
Pebalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista (tengah) bersama Pebalap Pata Yamaha Prometeon WorldSBK Toprak Razgatlioglu (kedua kiri) dan Pebalap tim HRC Xavi Vierge (kedua kanan) saat seremoni podium WSBK Mandalika 2023 di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (5/3/2023). Alvaro Bautista berhasil menjadi yang tercepat pada Race 2 World Superbike (WSBK) 2023 seri Mandalika dengan catatan waktu tercepat 1 menit 32,247 detik.

Pemerintah mencatat, jumlah penonton di ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika yang digelar selama tiga hari pada  3-5 Maret 2023 mencapai 59 ribu penonton. Jumlah ini meningkat dibandingkan ajang WSBK tahun lalu sebanyak 50 ribu penonton.

"Jumlah penonton mengalami peningkatan 15% dari penonton WSBK 2022,"  ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat acara konferensi pers Minggu (5/3), seperti dikutip dari Antara

Sandiaga mengatakan, ajang WSBK, MXGP, dan MotoGP memiliki dampak cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ajang balap motor Internasional itu, menurut dia, dapat membangkitkan pariwisata di Indonesia, terutama Nusa Tenggara Barat atau NTB.

"Ajang balap motor ini memberikan dampak Rp 5 Triliun terhadap ekosistem pergerakan ekonomi di Indonesia dan cukup banyak lapangan kerja yang tercipta," katanya.

Dalam putaran kedua World Superbike (WSBK) 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (4/3), Pebalap Aruba.It Ducati Alvaro Bautista kembali memastikan kemenangan beruntun.  

Walaupun sempat mengalami momen kurang beruntung pada sesi warm-up karena mengalami crash di beberapa lap akhir, sang juara bertahan mampu memutus dominasi rekan satu timnya, Michael Ruben Rinaldi, di dua lap terakhir. "Saya hanya mencoba tenang untuk menyalip para pebalap dan tidak berhenti melaju," kata Bautista saat diwawancara usai Race 2.

Bautista terbukti mampu mengalahkan rasa sakitnya saat mengalami kecelakaan kecil di sesi pemanasan pada pagi hari. Ia mampu menunjukkan bahwa dirinya masih layak menjadi pebalap paling kompetitif pada WSBK musim 2023.

Kemenangan di Race 2 ini merupakan kemenangan Bautista yang kelima kali berturut-turut di musim 2023 setelah pencapaian gemilangnya di putaran pertama WSBK di Sirkuit Phillip Island, Australia.

Adapun pebalap Pata Yamaha Toprak Razgatlioglu hanya bisa mengamankan posisi dua di ajang tersbeut.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...